Kamis, 17 Januari 2013

RPP SMA Kelas X SEMESTER I KD 1.1 (Fitri Susanti)


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Kooperatif tipe STAD
Nama Sekola                :  SMA
Mata Pelajaran            :  Matematika
Kelas / semester            :  X /  I
Alokasi Waktu            :  2 x 45 menit 18 jam Pelajaran 9 Pertemuan

                                     
A. Standar Kompetensi:
I. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan logaritma.
B. Kompetensi Dasar :
1.1. Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma
C. Indikator:
1. Menyederhanakan bentuk suatu bilangan berpangkat.
2. Mengubah bentuk pangkat negatif dari suatu bilangan ke bentuk pangkat positif, dan sebaliknya.
3. Mengubah suatu bilangan ke bentuk notasi ilmiah, dan sebaliknya.
4. Mengidentifikasi apakah suatu bilangan termasuk bilangan rasional atau bilangan irrasional (bilangan bentuk akar).
5. Melakukan operasi aljabar pada bentuk akar.
6. Merasionalkan penyebut pecahan yang berbentuk akar.
7. Mengubah bentuk akar ke bentuk pangkat, dan sebaliknya.
8. Mengubah pangkat pecahan negatif menjadi pangkat pecahan positif.
9.  Menyelesaikan persamaan pangkat sederhana (persamaan eksponen) dengan bilangan pokok yang sama.
10.Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi menge-nai bilangan berpang-kat (pangkat bulat  positif, negatif, dan nol), notasi Ilmiah, bilangan rasional, irrasional, atau bilangan bentuk akar, operasi aljabar pada bentuk akar, merasionalkan     penyebut pecahan bentuk akar, serta pangkat rasional.
11.Mengubah bentuk pangkat ke bentuk logaritma, dan sebaliknya.
12.  Melakukan operasi aljabar pada bentuk logaritma.
13.  Menentukan logaritma dan antilogaritma dari suatu bilangan dengan tabel yang bersesuaian (tabel logaritma atau tabel antilogaritma) atau kalkulator, serta menggunakan logaritma untuk perhitungan.
14.  Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai pengertian dan sifat - sifat logaritma, serta cara menentukan logaritma dan antilogaritma dengan tabel atau kalkulator.
D. Tujuan Pembelajaran :
a. Peserta didik dapat menyederhanakan bentuk suatu bilangan berpangkat. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri);
b. Peserta didik dapat mengubah bentuk pangkat negatif dari suatu bilangan ke bentuk pangkat positif, dan sebaliknya. (nilai yang ditanamkan: Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c.  Peserta didik dapat mengubah suatu bilangan ke bentuk notasi ilmiah, dan sebaliknya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,  Kreatif, Kerja keras);
d.  Peserta didik dapat mengidentifikasi apakah suatu bilangan termasuk bilangan rasional atau irrasional (bilangan bentuk akar). (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif);
e.  Peserta didik dapat melakukan operasi aljabar pada bentuk akar. (nilai yang ditanamkan: Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
f.  Peserta didik dapat merasionalkan penyebut pecahan yang berbentuk akar. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Kreatif, Kerja keras);
g.  Peserta didik dapat mengubah bentuk akar ke bentuk pangkat, dan sebaliknya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri);
h.  Peserta didik dapat mengubah pangkat pecahan negatif menjadi pangkat pecahan positif. (nilai yang ditanamkan: Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
i.   Peserta didik dapat menyelesaikan persamaan pangkat sederhana (persamaan eksponen) dengan bilangan pokok yang sama. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri);
j.   Peserta didik dapat mengubah bentuk pangkat ke bentuk logaritma, dan sebaliknya. (nilai yang ditanamkan: Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
k.  Peserta didik dapat melakukan operasi aljabar pada bentuk logaritma. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri);
l.   Peserta didik dapat menentukan logaritma dan antilogaritma dari suatu bilangan dengan tabel yang bersesuaian (tabel logaritma atau tabel antilogaritma) atau kalkulator, serta menggunakan logaritma untuk perhitungan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
E. Materi Ajar
a.  Sifat-sifat bilangan berpangkat dengan pangkat bulat positif, pangkat bulat negatif, dan nol.
b.  Notasi ilmiah.
c. Bilangan rasional.
d.  Bilangan irrasional (bilangan bentuk akar).
e.  Operasi aljabar pada bentuk akar.
f.  Merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar.
g.  Pangkat rasional:
-       Bilangan berbentuk  atau  untuk  dan himpunan bilangan asli.
-       Mengubah pangkat pecahan negatif menjadi pangkat pecahan positif.
-       Persamaan pangkat sederhana dengan bilangan pokok sama.
h.  Pengertian logaritma.
i.   Sifat-sifat logaritma (operasi aljabar logaritma).
j.   Penentuan logaritma dan antilogaritma dengan tabel atau kalkulator.
k.  Logaritma untuk perhitungan.
F. Metode pembelajaran
Model Cooperative Learning Tipe STAD (Student Team Achievement Division).
G. Sumber Pembelajaran
Sumber :
- Buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal. 1-52).
- Buku referensi lain.
   Alat : Laptop ,LCD , OHP
H. Langkah-langkah pembelajaran
1. Pertemuan pertama
Waktu : 2 x 45 menit
No
Kegiatan Pendidik
Kegiatan Peserta Didik
Waktu
1






































2
























































































3

Pendahuluan
-Pendidik Memperhatikan Kehadiran Peserta didik (nilai yang ditanamkan: Rasa Peduli);

- Pendidik  meminta Peserta didik untuk berdo’a (nilai yang ditanamkan: Rasa Religius);

- Pendidik Mengingatkan kembali beberapa jenis bilangan dan penulisannya (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);


- pendidik memotivasi peserta didik Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik akan terbantu dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan bilangan berpangkat bulat positif, negatif, dan nol, juga terbantu dalam menyederhanakan penulisan bilangan dengan notasi ilmiah.
- Pendidik memberikan informasi kepada Peserta Didik tentang materi yang akan mereka pelajari,dan tujuan pembelajaran (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik Mensosialiasakan kepada peserta didik tentang model pembelajaran yang digunakan dan tujuan agar Peserta Didik mengenal dan memahamimya(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Pendidik menjelaskan secara singkat dan jelas tentang cara menyederhanakan bentuk suatu bilangan berpangkat, mengubah bentuk pangkat negatif dari suatu bilangan ke bentuk pangkat positif. serta mengubah suatu bilangan ke bentuk notasi ilmiah. (Bahan : buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal. 1-6 mengenai bilangan berpangkat bulat positif, hal. 7-9 mengenai bilangan berpangkat bulat negatif dan nol, dan hal. 10-12 mengenai notasi ilmiah). (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras); 
- pendidk membentuk Peserta Didik kedalam  beberapa kelompok dimana kelompok terdiri dari 4-5 orang yang sudah direncanakan (nilai yang ditanamkan: Demokrasi);
  
Elaborasi
- Pendidik membagikan lembar kerja Siswa (LKS) sebagai bahan diskusi kepada masing-masing kelompok. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik memberikan kesempatan kepada Peserta Didik untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam LKS dengan waktu yang ditentukan, Peserta Didik diharapkan bekerja dengan anggota yang lainnya dalam Kelompok. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik memantau kerja dari tiap kelompok dan membimbing Peserta Didik yang mengalami kesulitan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Setelah masing-masing kelompok menyelesaikan tugasnya, guru mengarahkan siswa untuk melakukan diskusi kelompok sampai masing-masing anggota kelompok mengerti tentang topik yang sedang dibahas.(bahan buku paket pada hal. 5-6 mengenai penyederhanaan bentuk suatu bilangan berpangkat, hal. 8 mengenai pengubahan bentuk pangkat negatif dari suatu bilangan ke bentuk pangkat positif, dan sebaliknya, serta hal. 10, 11 mengenai cara menyatakan suatu bilangan yang sangat besar atau sangat kecil ke dalam bentuk notasi ilmiah. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Konfirmasi
Peserta didik dan guru secara bersama - sama membahas jawaban soal-soal dari LKS (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik memberikan umpan balik mengkonfirmasi jawaban peserta didik dan Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, menghargai prestasi);
-Setelah diskusi Pendidik Memeriksa hasil diskusi atas jawaban kelompok dalam diskusi
(nilai yang ditanamkan:Tanggung jawab, Kerja keras);
Penutup
- Pendidik memberi penghargaan kepada kelompok yang terbaik (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, menghargai prestasi);
-Peserta didik membuat rangkuman dari materi bilangan berpangkat bulat positif, negatif, dan nol dengan sifat-sifatnya, serta notasi ilmiah. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik memberikan Kuis (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);


- Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi bilangan berpangkat bulat positif, negatif, dan nol dengan sifat-sifatnya, serta notasi ilmiah (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini dengan mengucapkan  hamdalah (nilai yang ditanamkan: Religius)



- Peserta Didk duduk dengan tenang (nilai yang ditanamkan: Rasa Menghargai);
- Peserta didik memimpin do’a (nilai yang ditanamkan: Rasa Religius);
- peserta didik mengingat kembali tentang jenis bilangan dan penulisannya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);

 -Peserta didik mendengarkan
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);




Peserta didik mendengarkan (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);



- peserta didik mendengarkan (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);



 Eksplorasi
-peserta didik mendengarkan penjelasan Pendidik. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);













Peserta didik membentuk kelompok yang telah direncanakan oleh pendidik. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Menghargai, tanggung jawab, disiplin, demokratis)
Elaborasi
- peserta didik menerima LKS yang diberikan (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin)
- Peserta didik mengerjakan dan mendiskusikan LKS yang diberikan oleh pendidik dalam waktu 15 menit.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Tanggung jawab, disiplin)

-Peserta didik berdiskusi dengan teman sekelompoknya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta didik mendengarkan penjelasan guru dan siap mempresentasikan hasil diskusi dengan kelompok
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Demokratif, Disiplin, Menghargai prestasi, Tanya jawab)









Konfirmasi
-peserta didik mendengarkan (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mendengarkan
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);


Peserta didik mendengarkannya (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Penutup
- peserta didik Mendengarkan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);

-Peserta didik mendengarkan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);


-Peserta didik menjawab Pertanyaan dari pendidik yang tidak saling membantu satu sama lain (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mendengarkan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);



-peserta didik mengucapkan hadalah (nilai yang ditanamkan: Rasa Religius);




10 menit






































20 Menit

























25 menit









































25 menit
















10 menit
2. Pertemuan Kedua
Waktu : 2 x 45 menit
No
Kegiatan Pendidik
Kegiatan Peserta Didik
Waktu
1












































2

























































































3

Pendahuluan
-Pendidik Memperhatikan Kehadiran Peserta didik (nilai yang ditanamkan: Rasa Peduli);

-Pendidik  meminta Peserta didik untuk berdo’a (nilai yang ditanamkan: Rasa Religius);

- pendidik Mengingat kembali mengenai jenis-jenis bilangan dan bilangan bentuk pecahan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);

-        Membahas PR. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);


-pendidik memotivasi peserta didik Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik dapat memahami bilangan rasional dan bilangan irrasional (bilangan bentuk akar). (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik memberikan informasi kepada Peserta Didik tentang materi yang akan mereka pelajari,dan tujuan pembelajaran (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik Mensosialiasakan kepada peserta didik tentang model pembelajaran yang digunakan dengan tujuan agar Peserta Didik mengenal dan memahamimya(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Kegiatan Inti
Eksplorasi
- pendidk menyuruh Peserta Didik duduk kedalam  beberapa kelompok yang telah dibentuk sebelumnya.(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru yang berhubungan dengan lingkungan, atau pemberian contoh-contoh materi untuk dap untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb) mengenai cara mengidentifikasi apakah suatu bilangan termasuk bilangan rasional atau bilangan irrasional (bilangan bentuk akar), (Bahan : buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal 14-17 mengenai bilangan rasional dan bilangan irrasional (bilangan bentuk akar). (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Elaborasi
- Pendidik membagikan lembar kerja Siswa (LKS) sebagai bahan diskusi kepada masing-masing kelompok.dan sebagai (Bahan : buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal 14-17 mengenai bilangan rasional dan bilangan irrasional (bilangan bentuk akar).(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik memberikan kesempatan kepada Peserta Didik untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam LKS dengan waktu yang ditentukan, Peserta Didik diharapkan bekerja dengan anggota yang lainnya dalam Kelompok. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik memantau kerja dari tiap kelompok dan membimbing Peserta Didik yang mengalami kesulitan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Setelah masing-masing kelompok menyelesaikan tugasnya, guru mengarahkan siswa untuk melakukan diskusi kelompok sampai masing-masing anggota kelompok mengerti tentang topik yang sedang dibahas yaitu cara mengiden-tifikasi apakah suatu bilangan termasuk bilangan rasional atau bilangan irrasional (bilangan bentuk akar). (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Konfirmasi
- Peserta didik dan guru secara bersama - sama membahas jawaban soal-soal dari LKS (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
 Pendidik memberikan umpan balik mengkonfirmasi jawaban peserta didik dan Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, menghargai prestasi);
-Setelah diskusi Pendidik Memeriksa hasil diskusi atas jawaban kelompok dalam diskusi
(nilai yang ditanamkan:Tanggung jawab, Kerja keras);
Penutup
- Pendidik memberi penghargaan kepada kelompok yang terbaik (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, menghargai prestasi);
-Pendidik membuat rangkuman dari materi bilangan rasional dan bilangan irrasional (bilangan bentuk akar). (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Pendidik memberikan Kuis (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);


-Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi bilangan rasional dan bilangan irrasional (bilangan bentuk akar) (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Pendidik mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini dengan mengucapkan  hamdalah (nilai yang ditanamkan: Religius)





-Peserta Didk duduk dengan tenang (nilai yang ditanamkan: Rasa Menghargai);
- Peserta didik memimpin do’a (nilai yang ditanamkan: Rasa religius);
- peserta didik mengingat kembali tentang jenis-jenis bilangan dan bilangan bentuk pecahan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- peserta didik medengarkannya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Peserta didik mendengarkan
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);




-Peserta didik mendengarkan (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);


- peserta didik mendengarkan (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);




 Eksplorasi
- Peserta didik duduk dalam kelompoknya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras,Menghargai, tanggung jawab, disiplin)
-Peserta Didik mendengarkan penjelasan dari Pendidik.
   (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);















Elaborasi
- peserta didik menerima LKS yang diberikan (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);








- Peserta didik mengerjakan dan mendiskusikan LKS yang diberikan oleh pendidik dalam waktu 15 menit.
  (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);


- Peserta didik berdiskusi dengan teman sekelompoknya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta didik mendengarkan penjelasan guru dan siap mempresentasikan hasil diskusi dengan kelompok
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Demokratif, Disiplin, Menghargai prestasi, Tanya jawab)


Konfirmasi
- peserta didik mendengarkan (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
peserta didik mendengarkan
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);



-Peserta didik mendengarkannya (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Penutup
-peserta didik Mendengarkan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);

-Peserta didik mendengarkan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);

-Peserta didik menjawab Pertanyaan dari pendidik yang tidak saling membantu satu sama lain (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mendengarkan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);


-peserta didik mengucapkan hadalah (nilai yang ditanamkan: Rasa Religius);


10 menit












































20 Menit


























25 menit









































25 menit
















10 menit
3. Pertemuan ketiga
Waktu : 2 x 45 menit
No
Kegiatan Pendidik
Kegiatan Peserta Didik
Waktu
1













































2




































































































3

Pendahuluan
-Pendidik Memperhatikan Kehadiran Peserta didik (nilai yang ditanamkan: Rasa Peduli);

-Pendidik  meminta Peserta didik untuk berdo’a (nilai yang ditanamkan: Rasa Religius);

- pendidik Mengingat kembali mengenai bentuk akar. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);


-        Membahas PR. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);


-pendidik memotivasi peserta didik Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik dapat menentukan hasil operasi aljabar pada bentuk akar, dan menyederhanakan bentuk akar. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik memberikan informasi kepada Peserta Didik tentang materi yang akan mereka pelajari,dan tujuan pembelajaran (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Pendidik Mensosialiasakan kepada peserta didik tentang model pembelajaran yang digunakan dengan tujuan agar Peserta Didik mengenal dan memahamimya(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras)
Kegiatan Inti
Eksplorasi
- pendidk menyuruh Peserta Didik duduk kedalam  beberapa kelompok yang telah dibentuk sebelumnya.(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,)

-Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi secara garis besar oleh guru mengenai  cara melakukan operasi aljabar pada bentuk akar. (Bahan : buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal. 18-22 mengenai operasi aljabar pada bentuk akar). (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);        
Elaborasi
- Pendidik membagikan lembar kerja Siswa (LKS) sebagai bahan diskusi kepada masing-masing kelompok.dan sebagai(Bahan : buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal. 18-22 mengenai operasi aljabar pada bentuk akar).(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik memberikan kesempatan kepada Peserta Didik untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam LKS dengan waktu yang ditentukan, Peserta Didik diharapkan bekerja dengan anggota yang lainnya dalam Kelompok. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik memantau kerja dari tiap kelompok dan membimbing Peserta Didik yang mengalami kesulitan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Setelah masing-masing kelompok menyelesaikan tugasnya, guru mengarahkan siswa untuk melakukan diskusi kelompok sampai masing-masing anggota kelompok mengerti tentang topik yang sedang dibahas yaitu
1. Cara menentukan hasil operasi aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian) pada bentuk akar dengan mengaplikasikan rumus - rumus bentuk akar.
2. Cara menyederhanakan bentuk akar  dan . dengan mengaplikasikan rumus-rumus bentuk akar.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Konfirmasi
- Peserta didik dan guru secara bersama - sama membahas jawaban soal-soal dari LKS (bahan buku paket pada hal. 18 mengenai penyederhanaan operasi penjumlahan dan pengurangan pada bentuk akar, hal. 19 mengenai penyederhanaan operasi perkalian pada bentuk akar, hal. 20 mengenai penyederhanaan operasi pembagian pada bentuk akar, dan hal. 21 mengenai penyederhanaan bentuk akar dan  (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
 -Pendidik memberikan umpan balik mengkonfirmasi jawaban peserta didik dan Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, menghargai prestasi);
-Setelah diskusi Pendidik Memeriksa hasil diskusi atas jawaban kelompok dalam diskusi
(nilai yang ditanamkan:Tanggung jawab, Kerja keras);
Penutup
- Pendidik memberi penghargaan kepada kelompok yang terbaik (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, menghargai prestasi);
-Pendidik membuat rangkuman dari materi operasi aljabar pada bentuk akar. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Pendidik memberikan Kuis (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);


- Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi operasi aljabar pada bentuk akar (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Pendidik mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini dengan mengucapkan  hamdalah (nilai yang ditanamkan: Religius)




-Peserta Didk duduk dengan tenang (nilai yang ditanamkan: Rasa Menghargai);
- Peserta didik memimpin do’a (nilai yang ditanamkan: Rasa religius);
- peserta didik mengingat kembali mengenai bentuk akar. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- peserta didik medengarkannya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- peserta didik medengarkannya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);




-Peserta didik mendengarkan (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);




-Peserta didik mendengarkan (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);



Eksplorasi
- Peserta didik duduk dalam kelompoknya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras,Menghargai, tanggung jawab, disiplin)
-Peserta Didik mendengarkan penjelasan dari Pendidik.
   (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);








Elaborasi
- peserta didik menerima LKS yang diberikan (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);






- Peserta didik mengerjakan dan mendiskusikan LKS yang diberikan oleh pendidik dalam waktu 15 menit.
  (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);


- Peserta didik berdiskusi dengan teman sekelompoknya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta didik mendengarkan penjelasan guru dan siap mempresentasikan hasil diskusi dengan kelompok
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Demokratif, Disiplin, Menghargai prestasi, Tanya jawab)










Konfirmasi
-peserta didik mendengarkan (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);












-peserta didik mendengarkan
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);


-Peserta didik mendengarkannya (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Penutup
peserta didik Mendengarkan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);

-Peserta didik mendengarkan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta didik menjawab Pertanyaan dari pendidik yang tidak saling membantu satu sama lain (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mendengarkan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);

-peserta didik mengucapkan hadalah (nilai yang ditanamkan: Rasa Religius);




10 menit













































20 Menit


















25 menit
















































25 menit




























10 menit
4. Pertemuan keempat
Waktu : 2 x 45 menit
No
Kegiatan Pendidik
Kegiatan Peserta Didik
Waktu
1











































2

















































































3

Pendahuluan
- Pendidik Memperhatikan Kehadiran Peserta didik (nilai yang ditanamkan: Rasa Peduli);

-Pendidik  meminta Peserta didik untuk berdo’a (nilai yang ditanamkan: Rasa Religius);

- pendidik Mengingat kembali mengenai bilangan rasional dan pembilang serta penyebut suatu pecahan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-        Membahas PR. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);


-pendidik memotivasi peserta didik Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik dapat merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras)
- Pendidik memberikan informasi kepada Peserta Didik tentang materi yang akan mereka pelajari,dan tujuan pembelajaran (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);

-Pendidik Mensosialiasakan kepada peserta didik tentang model pembelajaran yang digunakan dengan tujuan agar Peserta Didik mengenal dan memahamimya(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Kegiatan Inti
Eksplorasi
- pendidk menyuruh Peserta Didik duduk kedalam  beberapa kelompok yang telah dibentuk sebelumnya.(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,)

-Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi secara garis besar oleh guru mengenai  merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar (Bahan : buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal 23-28 mengenai merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar) (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);        
Elaborasi
- Pendidik membagikan lembar kerja Siswa (LKS) sebagai bahan diskusi kepada masing-masing kelompok. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik memberikan kesempatan kepada Peserta Didik untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam LKS dengan waktu yang ditentukan, Peserta Didik diharapkan bekerja dengan anggota yang lainnya dalam Kelompok. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik memantau kerja dari tiap kelompok dan membimbing Peserta Didik yang mengalami kesulitan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);

-Setelah masing-masing kelompok menyelesaikan tugasnya, guru mengarahkan siswa untuk melakukan diskusi kelompok sampai masing-masing anggota kelompok mengerti tentang topik yang sedang dibahas.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);

Konfirmasi
- Peserta didik dan guru secara bersama - sama membahas jawaban soal-soal dari LKS (bahan dalam buku paket pada hal. 24 dan 25 mengenai cara merasionalkan penyebut suatu pecahan yang berbentuk akar, kemudian menyederhanakan bentuk pecahan tersebut (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
 -Pendidik memberikan umpan balik mengkonfirmasi jawaban peserta didik dan Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, menghargai prestasi);
-Setelah diskusi Pendidik Memeriksa hasil diskusi atas jawaban kelompok dalam diskusi
(nilai yang ditanamkan:Tanggung jawab, Kerja keras);
Penutup
- Pendidik memberi penghargaan kepada kelompok yang terbaik (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, menghargai prestasi);
-Pendidik membuat rangkuman dari materi perasionalan penyebut suatu pecahan yang berbentuk akar. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Pendidik memberikan Kuis (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);



- Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi perasionalan penyebut pecahan bentuk akar. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Pendidik mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini dengan mengucapkan  hamdalah (nilai yang ditanamkan: Religius)



- Peserta Didk duduk dengan tenang (nilai yang ditanamkan: Rasa Menghargai);
Peserta didik memimpin do’a (nilai yang ditanamkan: Rasa religius);
- peserta didik mengingat kembali mengenai bentuk akar. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- peserta didik medengarkannya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- peserta didik medengarkannya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);


-Peserta didik mendengarkan (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);



-Peserta didik mendengarkan (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);



Ekspolarasi
-Peserta didik duduk dalam kelompoknya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras,Menghargai, tanggung jawab, disiplin)
-Peserta Didik mendengarkan penjelasan dari Pendidik.
   (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);








Elaborasi
- peserta didik menerima LKS yang diberikan (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, mandiri, kreatif, kerja keras);

- Peserta didik mengerjakan dan mendiskusikan LKS yang diberikan oleh pendidik dalam waktu 15 menit.
  (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);


- Peserta didik berdiskusi dengan teman sekelompoknya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta didik mendengarkan penjelasan guru dan siap mempresentasikan hasil diskusi dengan kelompok
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Demokratif, Disiplin, Menghargai prestasi, Tanya jawab)
Konfirmasi
-peserta didik mendengarkan (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);






-peserta didik mendengarkan
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);


-Peserta didik mendengarkannya (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);

Penutup
-peserta didik Mendengarkan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);

-Peserta didik mendengarkan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);

-Peserta didik menjawab Pertanyaan dari pendidik yang tidak saling membantu satu sama lain (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mendengarkan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);

-peserta didik mengucapkan hadalah (nilai yang ditanamkan: Rasa Religius);
10 menit











































20 Menit



















25 menit

































25 menit























10 menit
5. Pertemuan kelima
Waktu : 2 x 45 menit
No
Kegiatan Pendidik
Kegiatan Peserta Didik
Waktu
1
















































2


































































































3

Pendahuluan
- Pendidik Memperhatikan Kehadiran Peserta didik (nilai yang ditanamkan: Rasa Peduli);

-Pendidik  meminta Peserta didik untuk berdo’a (nilai yang ditanamkan: Rasa Religius);

- pendidik Mengingat kembali mengenai bilangan berpangkat, bilangan rasional, dan bentuk akar. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Membahas PR. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);


-pendidik memotivasi peserta didik Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik dapat mengubah bentuk akar ke bentuk pangkat, dan sebaliknya, mengubah pangkat pecahan negatif menjadi pangkat pecahan positif, dan menyelesaikan persamaan pangkat sederhana (persamaan eksponen) dengan bilangan pokok yang sama. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik memberikan informasi kepada Peserta Didik tentang materi yang akan mereka pelajari,dan tujuan pembelajaran (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);

- Pendidik Mensosialiasakan kepada peserta didik tentang model pembelajaran yang digunakan dengan tujuan agar Peserta Didik mengenal dan memahamimya(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Kegiatan Inti
Eksplorasi
- pendidk menyuruh Peserta Didik duduk kedalam  beberapa kelompok yang telah dibentuk sebelumnya.(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras,Menghargai, tanggung jawab, disiplin)
-Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara mengubah bentuk akar ke bentuk pangkat, dan sebaliknya, mengubah pangkat pecahan negatif menjadi pangkat pecahan positif, dan menyelesaikan persamaan pangkat sederhana (persamaan eksponen) dengan bilangan pokok yang sama, (Bahan : buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal 28-36 mengenai pangkat rasional, yaitu hal. 28-31 mengenai bilangan berbentuk  atau  untuk  dan himpunan bilangan asli, hal. 32-33 mengenai mengubah pangkat pecahan negatif menjadi pangkat pecahan positif, serta hal. 33-36 mengenai persamaan pangkat sederhana dengan bilangan pokok sama).       (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Elaborasi
- Pendidik membagikan lembar kerja Siswa (LKS) sebagai bahan diskusi kepada masing-masing kelompok. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik memberikan kesempatan kepada Peserta Didik untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam LKS dengan waktu yang ditentukan, Peserta Didik diharapkan bekerja dengan anggota yang lainnya dalam Kelompok. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik memantau kerja dari tiap kelompok dan membimbing Peserta Didik yang mengalami kesulitan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Setelah masing-masing kelompok menyelesaikan tugasnya, guru mengarahkan siswa untuk melakukan diskusi kelompok sampai masing-masing anggota kelompok mengerti tentang topik yang sedang dibahas. bilangan dalam bentuk akar dan bilangan bentuk pangkat pecahan, cara mengubah bentuk akar ke bentuk pangkat, dan sebaliknya, mengubah pangkat pecahan negatif menjadi pangkat pecahan positif, dan menyelesaikan persamaan pangkat sederhana (persamaan eksponen) dengan bilangan pokok yang sama.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Konfirmasi
- Peserta didik dan guru secara bersama - sama membahas jawaban soal-soal dari LKS (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
 -Pendidik memberikan umpan balik mengkonfirmasi jawaban peserta didik dan Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, menghargai prestasi);
-Setelah diskusi Pendidik Memeriksa hasil diskusi atas jawaban kelompok dalam diskusi
(nilai yang ditanamkan:Tanggung jawab, Kerja keras);
Penutup
- Pendidik memberi penghargaan kepada kelompok yang terbaik (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, menghargai prestasi);
-Pendidik membuat rangkuman dari materi  bilangan dalam bentuk akar dan bilangan dalam bentuk pangkat pecahan (pangkat rasional).. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Pendidik memberikan Kuis (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);



- Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi bilangan dalam bentuk akar dan bilangan dalam bentuk pangkat pecahan (pangkat rasional) berdasarkan latihan hal. 35-36. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Pendidik mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini dengan mengucapkan  hamdalah (nilai yang ditanamkan: Religius)

- Peserta Didk duduk dengan tenang (nilai yang ditanamkan: Rasa Menghargai);
Peserta didik memimpin do’a (nilai yang ditanamkan: Rasa religius);
- peserta didik mengingat kembali mengenai bentuk akar. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- peserta didik medengarkannya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- peserta didik medengarkannya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);







-Peserta didik mendengarkan (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta didik mendengarkan (nilai yang ditanamkan: Rasa ingintahu, mandiri, kreatif, kerja keras);




Ekspolarasi
-Peserta didik duduk dalam kelompoknya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras,Menghargai, tanggung jawab, disiplin)

-Peserta Didik mendengarkan penjelasan dari Pendidik.
   (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);























Elaborasi
- peserta didik menerima LKS yang diberikan (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);

- Peserta didik mengerjakan dan mendiskusikan LKS yang diberikan oleh pendidik dalam waktu 15 menit.(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);

- Peserta didik berdiskusi dengan teman sekelompoknya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta didik mendengarkan penjelasan guru dan siap mempresentasikan hasil diskusi dengan kelompok
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Demokratif, Disiplin, Menghargai prestasi, Tanya jawab)









Konfirmasi
-peserta didik mendengarkan (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mendengarkan
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);


-Peserta didik mendengarkannya (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);

Penutup
-peserta didik Mendengarkan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);

-Peserta didik mendengarkan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);


-Peserta didik menjawab Pertanyaan dari pendidik yang tidak saling membantu satu sama lain (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mendengarkan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);





-peserta didik mengucapkan hadalah (nilai yang ditanamkan: Rasa Religius);


10 menit
















































20 menit



































25 menit








































25 menit

















10 menit
6. Pertemuan keenam
Waktu : 2 x 45 menit
No
Kegiatan Pendidik
Kegiatan Peserta Didik
Waktu
1









































2






























3

Pendahuluan
- Pendidik Memperhatikan Kehadiran Peserta didik (nilai yang ditanamkan: Rasa Peduli);

-Pendidik  meminta Peserta didik untuk berdo’a (nilai yang ditanamkan: Rasa Religius);

- Pendidik Mengingat kembali mengenai sifat-sifat bilangan berpangkat dengan pangkat bulat positif, pangkat bulat negatif, dan nol, notasi Ilmiah, bilangan rasional, bilangan irrasional (bilangan bentuk akar), operasi aljabar pada bentuk akar, merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar, dan pangkat rasional. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-pendidik memotivasi peserta didik Agar peserta didik dapat menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan materi mengenai  sifat-sifat bilangan berpangkat (pangkat bulat positif, negatif, dan nol), notasi Ilmiah, bilangan rasional, bilangan irrasional (bilangan bentuk akar), operasi aljabar pada bentuk akar, merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar, serta pangkat rasional (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras)
- Pendidik Mensosialiasakan kepada peserta didik tentang pelaksanaan ujian (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Kegiatan Inti
Eksplorasi
- pendidik Menyuruh Peserta didik untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
  
Elaborasi
- - pendidik memberikan lembar soal ulangan harian. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Pendidik mengingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Konfirmasi
-Pendidik mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Penutup
- Pendidik meningatkan untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu tentang pengertian logaritma dan sifat-sifat logaritma. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini dengan mengucapkan  hamdalah (nilai yang ditanamkan: Rasa Religius);



- Peserta Didk duduk dengan tenang (nilai yang ditanamkan: Rasa Menghargai);
Peserta Peserta didik memimpin do’a (nilai yang ditanamkan: Rasa religius);
- peserta didik mengingat kembali mengenai bentuk akar. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);






- peserta didik medengarkannya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);








- peserta didik medengarkannya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);


Ekspolarasi
-Peserta didik duduk dalam kelompoknya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras,Menghargai, tanggung jawab, disiplin)

Elaborasi
- peserta didik mendengarkan (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);






Konfirmasi
-peserta didik mendengarkan (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);

Penutup
-peserta didik Mendengarkan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);


-peserta didik mengucapkan hadalah (nilai yang ditanamkan: Rasa Religius);

10 menit










































20 Menit






45 menit











5 menit






10 menit
7. Pertemuan ketujuh
Waktu : 2 x 45 menit
No
Kegiatan Pendidik
Kegiatan Peserta Didik
Waktu
1



































2






























































































3

Pendahuluan
- Pendidik Memperhatikan Kehadiran Peserta didik (nilai yang ditanamkan: Rasa Peduli);

-Pendidik  meminta Peserta didik untuk berdo’a (nilai yang ditanamkan: Rasa Religius);

-pendidik memotivasi peserta didik Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik dapat memahami pengertian dan sifat-sifat dari logaritma (operasi aljabar logaritma), dapat mengubah bentuk pangkat ke bentuk logaritma, dan sebaliknya, serta melaku-kan operasi aljabar pada bentuk logaritma. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik memberikan informasi kepada Peserta Didik tentang materi yang akan mereka pelajari,dan tujuan pembelajaran (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik Mensosialiasakan kepada peserta didik tentang model pembelajaran yang digunakan dengan tujuan agar Peserta Didik mengenal dan memahamimya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Kegiatan Inti
Eksplorasi
- pendidk menyuruh Peserta Didik duduk kedalam  beberapa kelompok yang telah dibentuk sebelumnya.(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,)

-Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi secara garis besar oleh guru mengenai  cara mengubah bentuk pangkat ke bentuk logaritma, dan sebaliknya, serta melakukan operasi aljabar pada bentuk logaritma (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal. 36-38 mengenai pengertian logaritma, dan hal. 38-43 mengenai sifat-sifat logaritma (operasi aljabar logaritma). (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);    
Elaborasi
-  Pendidik membagikan lembar kerja Siswa (LKS) sebagai bahan diskusi kepada masing-masing kelompok tentang definisi logaritma dan sifat-sifat logaritma beserta pembuktiannya, cara mengubah bentuk pangkat ke bentuk logaritma, dan sebaliknya, serta cara menentukan hasil operasi aljabar pada bentuk logaritma dengan mengaplikasikan rumus-rumus bentuk logaritma.. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik memberikan kesempatan kepada Peserta Didik untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam LKS dengan waktu yang ditentukan, Peserta Didik diharapkan bekerja dengan anggota yang lainnya dalam Kelompok. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik memantau kerja dari tiap kelompok dan membimbing Peserta Didik yang mengalami kesulitan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Setelah masing-masing kelompok menyelesaikan tugasnya, guru mengarahkan siswa untuk melakukan diskusi kelompok sampai masing-masing anggota kelompok mengerti tentang topik yang sedang dibahas
 1.           Definisi logaritma dan sifat-sifat logaritma.
2. Pengubahan bentuk logaritma ke dalam bentuk pangkat, dan sebaliknya.
3. Penentuan hasil operasi aljabar pada bentuk logaritma dengan mengaplikasikan rumus-rumus bentuk logaritma.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Konfirmasi
- Peserta didik dan guru secara bersama - sama membahas jawaban soal-soal dari LKS (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
 -Pendidik memberikan umpan balik mengkonfirmasi jawaban peserta didik dan Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, menghargai prestasi);
-Setelah diskusi Pendidik Memeriksa hasil diskusi atas jawaban kelompok dalam diskusi
(nilai yang ditanamkan:Tanggung jawab, Kerja keras);
Penutup
- Pendidik memberi penghargaan kepada kelompok yang terbaik (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, menghargai prestasi);
-Pendidik membuat rangkuman dari materi mengenai definisi logaritma dan sifat-sifat logaritma (operasi aljabar logaritma). (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Pendidik memberikan Kuis (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);


- Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi definisi logaritma dan sifat-sifat logaritma (operasi aljabar logaritma), pengubahan bentuk pangkat ke bentuk logaritma, dan sebaliknya, serta penentuan hasil operasi aljabar pada bentuk logaritma dengan mengaplikasikan rumus-rumus bentuk logaritma (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Pendidik mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini dengan mengucapkan  hamdalah (nilai yang ditanamkan: Religius)
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);




- Peserta Didk duduk dengan tenang (nilai yang ditanamkan: Rasa Menghargai);
- Peserta didik memimpin do’a (nilai yang ditanamkan: Rasa religius);
- peserta didik mengingat kembali mengenai bentuk akar. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);





- peserta didik medengarkannya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);


- peserta didik medengarkannya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);




Eksplorasi
- Peserta didik duduk dalam kelompoknya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras,Menghargai, tanggung jawab, disiplin)
-Peserta Didik mendengarkan penjelasan dari Pendidik.
   (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);












Elaborasi
- peserta didik menerima LKS yang diberikan (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);








- Peserta didik mengerjakan dan mendiskusikan LKS yang diberikan oleh pendidik dalam waktu 15 menit.
  (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);



- Peserta didik berdiskusi dengan teman sekelompoknya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta didik mendengarkan penjelasan guru dan siap mempresentasikan hasil diskusi dengan kelompok
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Demokratif, Disiplin, Menghargai prestasi, Tanya jawab)









Konfirmasi
-peserta didik mendengarkan (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mendengarkan
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);


-Peserta didik mendengarkannya (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Penutup
peserta didik Mendengarkan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);

-Peserta didik mendengarkan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);

-Peserta didik menjawab Pertanyaan dari pendidik yang tidak saling membantu satu sama lain (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mendengarkan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);








-peserta didik mengucapkan hamdalah (nilai yang ditanamkan: Rasa Religius);




10 menit



































20 Menit






















25 menit


















































25 menit
















10 menit
8. Pertemuan kedelapan
Waktu : 2 x 45 menit
No
Kegiatan Pendidik
Kegiatan Peserta Didik
Waktu
1













































2


































































































3

Pendahuluan
-Pendidik Memperhatikan Kehadiran Peserta didik (nilai yang ditanamkan: Rasa peduli);

-Pendidik  meminta Peserta didik untuk berdo’a (nilai yang ditanamkan: Rasa Religius);

- pendidik Mengingatkan  kembali mengenai sifat - sifat logaritma. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);

         -     Membahas PR. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);

-pendidik memotivasi peserta didik Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik dapat menentukan logaritma dan antilogaritma dari suatu bilangan dengan tabel yang bersesuaian (tabel logaritma atau tabel antilogaritma) atau kalkulator, serta menggunakan logaritma untuk perhitungan.
- Pendidik memberikan informasi kepada Peserta Didik tentang materi yang akan mereka pelajari,dan tujuan pembelajaran (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik Mensosialiasakan kepada peserta didik tentang model pembelajaran yang digunakan dengan tujuan agar Peserta Didik mengenal dan memahamimya (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Kegiatan Inti
Eksplorasi
- pendidk menyuruh Peserta Didik duduk kedalam  beberapa kelompok yang telah dibentuk sebelumnya.(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,)

-Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi secara garis besar oleh guru mengenai cara menentukan logaritma dan antilogaritma dari suatu bilangan dengan tabel yang bersesuaian (tabel logaritma atau tabel antilogaritma) atau kalkulator, serta menggunakan logaritma untuk perhitungan, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal 44-47 mengenai penentuan logaritma suatu bilangan dengan tabel logaritma, hal. 47 mengenai penentuan logaritma suatu bilangan dengan kalkulator, hal. 48-50 mengenai penentuan antilogaritma suatu bilangan dengan tabel antilogaritma, hal. 50 mengenai penentuan antilogaritma suatu bilangan dengan kalkulator, serta hal. 51-52 mengenai penggunaan logaritma untuk perhitungan). (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);        
  
Elaborasi
- Pendidik membagikan lembar kerja Siswa (LKS) sebagai bahan diskusi kepada masing-masing kelompok tentang cara menentukan logaritma dan antilogaritma dengan tabel atau kalkulator, serta cara menggunakan logaritma untuk perhitungan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik memberikan kesempatan kepada Peserta Didik untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam LKS dengan waktu yang ditentukan, Peserta Didik diharapkan bekerja dengan anggota yang lainnya dalam Kelompok. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras)
- Pendidik memantau kerja dari tiap kelompok dan membimbing Peserta Didik yang mengalami kesulitan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Setelah masing-masing kelompok menyelesaikan tugasnya, guru mengarahkan siswa untuk melakukan diskusi kelompok sampai masing-masing anggota kelompok mengerti tentang topik yang sedang dibahas yaitu penentuan logaritma dan antilogaritma suatu bilangan dengan tabel logaritma, tabel antilogaritma, serta kalkulator, (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Konfirmasi
- Peserta didik dan guru secara bersama - sama membahas jawaban soal-soal dari LKS (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
 -Pendidik memberikan umpan balik mengkonfirmasi jawaban peserta didik dan Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, menghargai prestasi);
-Setelah diskusi Pendidik Memeriksa hasil diskusi atas jawaban kelompok dalam diskusi
(nilai yang ditanamkan:Tanggung jawab, Kerja keras);
Penutup
- Pendidik memberi penghargaan kepada kelompok yang terbaik (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, menghargai prestasi);
-Pendidik membuat rangkuman dari materi mengenai penentuan logaritma dan antilogaritma dengan tabel yang bersesuaian (tabel logaritma atau tabel antilogaritma) atau kalkulator serta penggunaan logaritma untuk perhitungan.  (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Pendidik memberikan Kuis (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);


- Peserta didik diingatkan untuk mempelajari pengertian logaritma, sifat-sifat logaritma, penentuan logaritma dan antilogaritma dengan tabel atau kalkulator, serta penggunaan logaritma untuk perhitungan, untuk menghadapi ulangan harian pada pertemuan berikutnya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);

- Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi penentuan logaritma dan antilogaritma dengan tabel yang bersesuaian (tabel logaritma atau tabel antilogaritma) atau kalkulator serta penggunaan logaritma untuk perhitungan, (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Pendidik mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini dengan mengucapkan  hamdalah (nilai yang ditanamkan: Religius)
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);










Peserta Didk duduk dengan tenang (nilai yang ditanamkan: Rasa Menghargai);
- Peserta didik memimpin do’a (nilai yang ditanamkan: Rasa religius);
- peserta didik mengingat kembali mengenai bentuk akar. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- peserta didik medengarkannya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- peserta didik medengarkannya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);





-peserta didik medengarkannya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);


- peserta didik medengarkannya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);



Eksplorasi
- Peserta didik duduk dalam kelompoknya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras,Menghargai, tanggung jawab, disiplin)
-Peserta Didik mendengarkan penjelasan dari Pendidik.
   (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);



























Elaborasi
- peserta didik menerima LKS yang diberikan (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);





- Peserta didik mengerjakan dan mendiskusikan LKS yang diberikan oleh pendidik dalam waktu 15 menit.
  (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);


- Peserta didik berdiskusi dengan teman sekelompoknya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta didik mendengarkan penjelasan guru dan siap mempresentasikan hasil diskusi dengan kelompok
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Demokratif, Disiplin, Menghargai prestasi, Tanya jawab)



Konfirmasi
-peserta didik mendengarkan (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mendengarkan
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);


-Peserta didik mendengarkannya (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Penutup
-peserta didik Mendengarkan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);

-Peserta didik mendengarkan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);






-Peserta didik menjawab Pertanyaan dari pendidik yang tidak saling membantu satu sama lain (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mendengarkan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);







-peserta didik mendengarkan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);





-peserta didik mengucapkan hamdalah (nilai yang ditanamkan: Rasa Religius);




10 menit













































20 Menit





































25 menit







































25 menit
















10 menit
9. Pertemuan kesembilan
Waktu : 2 x 45 menit
No
Kegiatan Pendidik
Kegiatan Peserta Didik
Waktu
1



































2





























3

Pendahuluan
-Pendidik Memperhatikan Kehadiran Peserta didik (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik  meminta Peserta didik untuk berdo’a (nilai yang ditanamkan: Rasa Religius);

-Mengingat kembali mengenai pengertian logaritma, sifat-sifat logaritma, penentuan logaritma dan antilogaritma dengan tabel atau kalkulator, serta penggunaan logaritma untuk perhitungan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-pendidik memotivasi peserta didik Agar peserta didik dapat menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan materi mengenai pengertian logaritma, sifat-sifat logaritma, penentuan logaritma dan antilogaritma dengan tabel atau kalkulator, serta penggunaan logaritma untuk perhitungan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik memberikan informasi kepada Peserta Didik tentang Pelaksanaan ujian (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Kegiatan Inti
Eksplorasi
- pendidik Menyuruh Peserta didik untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Elaborasi
- - pendidik memberikan lembar soal ulangan harian. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);

-Pendidik mengingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Konfirmasi
-Pendidik mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Penutup
- Pendidik meningatkan untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu tentang penyederhanaan bentuk aljabar yang memuat bentuk pangkat, akar, dan logaritma. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini dengan mengucapkan  hamdalah (nilai yang ditanamkan: Rasa Religius);


- Peserta Didk duduk dengan tenang (nilai yang ditanamkan: Rasa Menghargai);
-Peserta Peserta didik memimpin do’a (nilai yang ditanamkan: Rasa religius);
- peserta didik mengingat kembali mengenai bentuk akar. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);



- peserta didik medengarkannya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);






- peserta didik medengarkannya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);

Ekspolarasi
-Peserta didik duduk dalam kelompoknya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras,Menghargai, tanggung jawab, disiplin)

Elaborasi
- peserta didik mendengarkan (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mendengarkan (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);



Konfirmasi
-peserta didik mendengarkan . (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Penutup
-peserta didik Mendengarkan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);


-peserta didik mengucapkan hadalah (nilai yang ditanamkan: Rasa Religius);


10 menit



































20 Menit







45 menit












5 menit





10 menit

I.    Penilaian
Teknik                     :     tugas individu, tugas kelompok, kuis, ulangan harian.
Bentuk Instrumen   :     uraian singkat, pilihan ganda.

Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………….



( ......................................................... )
NIP/NIK :…………..……………….

........., ......, ............... 20...
Pendidik Mapel Matematika.



( ...........................................)
NIP/NIK :…….…………….
Contoh Instrumen :    

         1.  Sederhanakanlah.
               a.                                             b.  
         2.  Nyatakan bilangan berikut dalam pangkat positif dan sederhanakan.
               a.                            b.  
         3.  Nyatakan bilangan berikut dalam notasi ilmiah.
               a.  0,0000002578                               b.  820.000.000.000.000
         4.   Di antara bilangan-bilangan berikut, manakah yang merupakan bilangan bentuk akar?
               a.                                                   d. 
               b.                                                   e. 
               c.                                                  f.  
         5.   Nyatakan penjumlahan dan pengurangan berikut dalam bentuk akar yang sederhana.
               a.  
                              b.  
         6.   Rasionalkan penyebut tiap pecahan berikut.
                a.                                               d.  
               b.                                           e.  
               c.  
         7.   Nyatakan bilangan-bilangan berikut dalam bentuk pangkat.
               a.                                                   d.  
               b.                                                e.  
               c. 
     8.   Sederhanakanlah bentuk
         9.   Tentukan nilai x dari persamaan
    
         10
               a.                                                d.  
               b.                                                e. 
               c. 
         11.  Sederhanakan bentuk akar berikut ini.
               a.                                                d.  
               b.                                                  e.  
               c.  
         12. Ubahlah ke dalam bentuk logaritma.
               a.                                                        c.   
               b.   
         13.  Sederhanakanlah
         14. Tentukan nilai dari logaritma berikut.
               a.   log 45,458                                     d.   log 0,098
               b.   log 144,3                                       e.   log 0,001
               c.   log 0,05
         15. Nilai  adalah…….
               a.  5                                                    d.  1,5      
               b.  2,5                                                 e.  0,6
               c.  2
         16. Jika , maka =…
               a.                                                   d.  
               b.                                                   e.  
               c.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar