Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Kooperatif
tipe STAD
Nama Sekola : SMA
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / semester : X / I
Alokasi Waktu : 2
x 45 menit 18
jam Pelajaran 9 Pertemuan
A. Standar
Kompetensi:
I. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat,
akar, dan logaritma.
B. Kompetensi
Dasar :
1.1. Menggunakan
aturan pangkat, akar, dan logaritma
C. Indikator:
1. Menyederhanakan bentuk suatu bilangan
berpangkat.
2. Mengubah bentuk pangkat negatif dari suatu
bilangan ke bentuk pangkat positif, dan sebaliknya.
3. Mengubah suatu bilangan ke bentuk notasi
ilmiah, dan sebaliknya.
4. Mengidentifikasi apakah suatu bilangan termasuk
bilangan rasional atau bilangan irrasional (bilangan bentuk akar).
5. Melakukan operasi aljabar pada bentuk akar.
6. Merasionalkan penyebut pecahan yang berbentuk
akar.
7. Mengubah bentuk akar ke bentuk pangkat, dan
sebaliknya.
8. Mengubah pangkat pecahan negatif menjadi
pangkat pecahan positif.
9. Menyelesaikan persamaan pangkat sederhana (persamaan
eksponen) dengan bilangan pokok yang sama.
10.Mengerjakan soal
dengan baik berkaitan dengan materi menge-nai bilangan berpang-kat (pangkat
bulat positif, negatif, dan nol), notasi
Ilmiah, bilangan rasional, irrasional, atau bilangan bentuk akar, operasi
aljabar pada bentuk akar, merasionalkan
penyebut pecahan bentuk akar, serta pangkat rasional.
11.Mengubah bentuk
pangkat ke bentuk logaritma, dan sebaliknya.
12. Melakukan operasi aljabar pada bentuk
logaritma.
13. Menentukan logaritma dan antilogaritma dari
suatu bilangan dengan tabel yang bersesuaian (tabel logaritma atau tabel
antilogaritma) atau kalkulator, serta menggunakan logaritma untuk perhitungan.
14. Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan
materi mengenai pengertian dan sifat - sifat logaritma, serta cara menentukan
logaritma dan antilogaritma dengan tabel atau kalkulator.
D. Tujuan
Pembelajaran :
a. Peserta didik
dapat menyederhanakan bentuk suatu bilangan berpangkat. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri);
b. Peserta didik
dapat mengubah bentuk pangkat negatif dari suatu bilangan ke bentuk pangkat
positif, dan sebaliknya.
(nilai yang ditanamkan: Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c. Peserta didik dapat mengubah suatu bilangan ke
bentuk notasi ilmiah, dan sebaliknya.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Kreatif, Kerja keras);
d. Peserta didik dapat mengidentifikasi apakah
suatu bilangan termasuk bilangan rasional atau irrasional (bilangan bentuk
akar). (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif);
e. Peserta didik dapat melakukan operasi aljabar
pada bentuk akar. (nilai
yang ditanamkan: Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
f. Peserta didik dapat merasionalkan penyebut
pecahan yang berbentuk akar. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Kreatif, Kerja keras);
g. Peserta didik dapat mengubah bentuk akar ke
bentuk pangkat, dan sebaliknya. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri);
h. Peserta didik dapat mengubah pangkat pecahan
negatif menjadi pangkat pecahan positif. (nilai
yang ditanamkan: Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
i. Peserta didik dapat menyelesaikan persamaan
pangkat sederhana (persamaan eksponen) dengan bilangan pokok yang sama. (nilai yang ditanamkan:
Rasa ingin tahu, Mandiri);
j. Peserta didik dapat mengubah bentuk pangkat
ke bentuk logaritma, dan sebaliknya. (nilai
yang ditanamkan: Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
k. Peserta didik dapat melakukan operasi aljabar
pada bentuk logaritma. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri);
l. Peserta didik dapat menentukan logaritma dan
antilogaritma dari suatu bilangan dengan tabel yang bersesuaian (tabel
logaritma atau tabel antilogaritma) atau kalkulator, serta menggunakan
logaritma untuk perhitungan. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
E. Materi Ajar
a. Sifat-sifat
bilangan berpangkat dengan pangkat bulat positif, pangkat bulat negatif, dan
nol.
b. Notasi ilmiah.
c. Bilangan rasional.
d. Bilangan
irrasional (bilangan bentuk akar).
e. Operasi aljabar
pada bentuk akar.
f. Merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar.
g. Pangkat
rasional:
- Bilangan berbentuk
atau
untuk
dan
himpunan bilangan asli.
- Mengubah pangkat pecahan negatif menjadi pangkat pecahan
positif.
- Persamaan pangkat sederhana dengan bilangan pokok sama.
h. Pengertian
logaritma.
i. Sifat-sifat logaritma (operasi aljabar
logaritma).
j.
Penentuan logaritma dan antilogaritma
dengan tabel atau kalkulator.
k. Logaritma untuk perhitungan.
F. Metode
pembelajaran
Model Cooperative Learning Tipe STAD (Student Team Achievement Division).
G. Sumber
Pembelajaran
Sumber :
- Buku paket, yaitu
buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri
Kurnianingsih, dkk, hal. 1-52).
- Buku referensi lain.
Alat : Laptop ,LCD , OHP
H.
Langkah-langkah
pembelajaran
1. Pertemuan pertama
Waktu
: 2 x 45 menit
No
|
Kegiatan Pendidik
|
Kegiatan Peserta
Didik
|
Waktu
|
1
2
3
|
Pendahuluan
-Pendidik Memperhatikan
Kehadiran Peserta didik (nilai
yang ditanamkan: Rasa Peduli);
- Pendidik meminta Peserta didik untuk berdo’a (nilai yang
ditanamkan: Rasa Religius);
- Pendidik Mengingatkan kembali beberapa jenis bilangan dan penulisannya (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- pendidik
memotivasi peserta didik Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik akan terbantu
dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan bilangan berpangkat bulat
positif, negatif, dan nol, juga terbantu dalam menyederhanakan penulisan
bilangan dengan notasi ilmiah.
- Pendidik memberikan informasi kepada Peserta Didik tentang materi yang
akan mereka pelajari,dan tujuan pembelajaran (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik Mensosialiasakan
kepada peserta didik tentang model pembelajaran yang digunakan dan tujuan
agar Peserta Didik mengenal dan memahamimya(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Pendidik
menjelaskan secara singkat dan jelas tentang cara menyederhanakan bentuk suatu bilangan berpangkat, mengubah bentuk
pangkat negatif dari suatu bilangan ke bentuk pangkat positif. serta mengubah suatu bilangan ke bentuk notasi ilmiah. (Bahan : buku
paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid
1A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal. 1-6 mengenai bilangan berpangkat
bulat positif, hal. 7-9 mengenai bilangan berpangkat bulat negatif dan nol,
dan hal. 10-12 mengenai notasi ilmiah). (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- pendidk membentuk Peserta
Didik kedalam beberapa kelompok dimana
kelompok terdiri dari 4-5 orang yang sudah direncanakan (nilai yang
ditanamkan: Demokrasi);
Elaborasi
- Pendidik membagikan lembar
kerja Siswa (LKS) sebagai bahan diskusi kepada masing-masing kelompok. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik memberikan
kesempatan kepada Peserta Didik untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam
LKS dengan waktu yang ditentukan, Peserta Didik diharapkan bekerja dengan
anggota yang lainnya dalam
Kelompok. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik memantau
kerja dari tiap kelompok dan membimbing Peserta Didik yang mengalami
kesulitan. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Setelah
masing-masing kelompok menyelesaikan tugasnya, guru mengarahkan siswa untuk
melakukan diskusi kelompok sampai masing-masing anggota kelompok mengerti
tentang topik yang sedang dibahas.(bahan buku paket pada hal. 5-6 mengenai penyederhanaan bentuk
suatu bilangan berpangkat, hal. 8 mengenai pengubahan bentuk pangkat negatif
dari suatu bilangan ke bentuk pangkat positif, dan sebaliknya, serta hal. 10,
11 mengenai cara menyatakan suatu bilangan yang sangat besar atau sangat
kecil ke dalam bentuk notasi ilmiah.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Konfirmasi
Peserta didik dan guru secara bersama - sama membahas
jawaban soal-soal dari LKS (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik memberikan umpan balik mengkonfirmasi jawaban peserta didik
dan Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, menghargai prestasi);
-Setelah diskusi Pendidik
Memeriksa hasil diskusi atas jawaban kelompok dalam diskusi
(nilai yang
ditanamkan:Tanggung jawab,
Kerja keras);
Penutup
- Pendidik memberi penghargaan kepada kelompok yang terbaik (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, menghargai prestasi);
-Peserta didik membuat rangkuman dari materi bilangan berpangkat bulat
positif, negatif, dan nol dengan sifat-sifatnya, serta notasi ilmiah. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik memberikan Kuis (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi
bilangan berpangkat bulat positif, negatif, dan nol dengan sifat-sifatnya,
serta notasi ilmiah (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini dengan
mengucapkan hamdalah (nilai yang
ditanamkan: Religius)
|
- Peserta Didk duduk dengan
tenang (nilai
yang ditanamkan: Rasa Menghargai);
- Peserta didik memimpin do’a (nilai yang
ditanamkan: Rasa Religius);
- peserta didik mengingat
kembali tentang jenis
bilangan dan penulisannya.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta didik mendengarkan
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Peserta didik mendengarkan (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- peserta didik mendengarkan (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Eksplorasi
-peserta didik mendengarkan
penjelasan Pendidik. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Peserta didik membentuk
kelompok yang telah direncanakan oleh pendidik. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Menghargai, tanggung jawab, disiplin, demokratis)
Elaborasi
- peserta didik menerima LKS
yang diberikan (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin)
- Peserta
didik mengerjakan dan mendiskusikan LKS yang diberikan oleh pendidik dalam
waktu 15 menit.
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Tanggung
jawab, disiplin)
-Peserta didik berdiskusi
dengan teman sekelompoknya. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta didik mendengarkan
penjelasan guru dan siap mempresentasikan hasil diskusi dengan kelompok
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Demokratif,
Disiplin, Menghargai prestasi, Tanya jawab)
Konfirmasi
-peserta didik mendengarkan (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mendengarkan
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Peserta didik mendengarkannya (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Penutup
- peserta didik Mendengarkan. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta
didik mendengarkan. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta didik menjawab
Pertanyaan dari pendidik yang tidak saling membantu satu sama lain (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mendengarkan.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mengucapkan
hadalah (nilai
yang ditanamkan: Rasa Religius);
|
10 menit
20 Menit
25 menit
25 menit
10 menit
|
2. Pertemuan Kedua
Waktu
: 2 x 45 menit
No
|
Kegiatan
Pendidik
|
Kegiatan
Peserta Didik
|
Waktu
|
1
2
3
|
Pendahuluan
-Pendidik Memperhatikan
Kehadiran Peserta didik (nilai
yang ditanamkan: Rasa Peduli);
-Pendidik meminta Peserta didik untuk berdo’a (nilai yang
ditanamkan: Rasa Religius);
- pendidik Mengingat kembali
mengenai jenis-jenis bilangan dan bilangan bentuk pecahan. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Membahas
PR. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-pendidik memotivasi peserta didik Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik dapat
memahami bilangan rasional dan bilangan irrasional (bilangan bentuk akar). (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik
memberikan informasi kepada Peserta Didik tentang materi yang akan mereka
pelajari,dan tujuan pembelajaran (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik Mensosialiasakan kepada peserta didik tentang model
pembelajaran yang digunakan dengan tujuan agar Peserta Didik mengenal dan
memahamimya(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Kegiatan Inti
Eksplorasi
- pendidk menyuruh Peserta Didik duduk kedalam beberapa kelompok yang telah dibentuk
sebelumnya.(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian
materi oleh guru yang berhubungan dengan lingkungan, atau pemberian
contoh-contoh materi untuk dap untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari
media interaktif, dsb) mengenai cara mengidentifikasi apakah suatu bilangan
termasuk bilangan rasional atau bilangan irrasional (bilangan bentuk akar),
(Bahan : buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X Semester
Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal 14-17 mengenai bilangan
rasional dan bilangan irrasional (bilangan bentuk akar). (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Elaborasi
- Pendidik membagikan lembar kerja Siswa (LKS) sebagai bahan diskusi
kepada masing-masing kelompok.dan sebagai (Bahan : buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA
ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal
14-17 mengenai bilangan rasional dan bilangan irrasional (bilangan bentuk
akar).(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik
memberikan kesempatan kepada Peserta Didik untuk mengerjakan soal-soal yang
ada dalam LKS dengan waktu yang ditentukan, Peserta Didik diharapkan bekerja
dengan anggota yang lainnya dalam Kelompok.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik memantau
kerja dari tiap kelompok dan membimbing Peserta Didik yang mengalami
kesulitan. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Setelah
masing-masing kelompok menyelesaikan tugasnya, guru mengarahkan siswa untuk
melakukan diskusi kelompok sampai masing-masing anggota kelompok mengerti
tentang topik yang sedang dibahas yaitu cara mengiden-tifikasi apakah suatu bilangan termasuk
bilangan rasional atau bilangan irrasional (bilangan bentuk akar). (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Konfirmasi
- Peserta didik
dan guru secara bersama - sama membahas jawaban soal-soal dari LKS (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Pendidik memberikan umpan balik mengkonfirmasi
jawaban peserta didik dan Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, menghargai prestasi);
-Setelah diskusi Pendidik
Memeriksa hasil diskusi atas jawaban kelompok dalam diskusi
(nilai yang
ditanamkan:Tanggung jawab,
Kerja keras);
Penutup
- Pendidik memberi penghargaan kepada kelompok yang terbaik (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, menghargai prestasi);
-Pendidik membuat rangkuman dari materi bilangan rasional
dan bilangan irrasional (bilangan bentuk akar).
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Pendidik memberikan Kuis (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi
bilangan rasional dan bilangan irrasional (bilangan bentuk akar) (nilai yang ditanamkan:
Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Pendidik mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini dengan
mengucapkan hamdalah (nilai yang
ditanamkan: Religius)
|
-Peserta Didk duduk dengan
tenang (nilai
yang ditanamkan: Rasa Menghargai);
- Peserta didik memimpin do’a (nilai yang
ditanamkan: Rasa religius);
- peserta didik mengingat kembali tentang jenis-jenis bilangan dan bilangan bentuk pecahan. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- peserta didik medengarkannya. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Peserta
didik mendengarkan
(nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta didik mendengarkan (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- peserta didik mendengarkan (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Eksplorasi
- Peserta didik duduk dalam kelompoknya. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras,Menghargai,
tanggung jawab, disiplin)
-Peserta
Didik mendengarkan penjelasan dari Pendidik.
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Elaborasi
- peserta didik menerima LKS yang diberikan (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Peserta
didik mengerjakan dan mendiskusikan LKS yang diberikan oleh pendidik dalam
waktu 15 menit.
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Peserta didik berdiskusi
dengan teman sekelompoknya. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta didik mendengarkan
penjelasan guru dan siap mempresentasikan hasil diskusi dengan kelompok
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Demokratif,
Disiplin, Menghargai prestasi, Tanya jawab)
Konfirmasi
- peserta didik mendengarkan (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
peserta didik mendengarkan
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta didik mendengarkannya (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Penutup
-peserta didik Mendengarkan. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta
didik mendengarkan. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta didik menjawab
Pertanyaan dari pendidik yang tidak saling membantu satu sama lain (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mendengarkan.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mengucapkan
hadalah (nilai
yang ditanamkan: Rasa Religius);
|
10 menit
20 Menit
25 menit
25 menit
10 menit
|
3.
Pertemuan ketiga
Waktu : 2 x 45
menit
No
|
Kegiatan
Pendidik
|
Kegiatan
Peserta Didik
|
Waktu
|
1
2
3
|
Pendahuluan
-Pendidik Memperhatikan
Kehadiran Peserta didik (nilai
yang ditanamkan: Rasa Peduli);
-Pendidik meminta Peserta didik untuk berdo’a (nilai yang
ditanamkan: Rasa Religius);
- pendidik Mengingat kembali
mengenai bentuk akar.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Membahas
PR. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-pendidik memotivasi peserta didik Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik dapat
menentukan hasil operasi aljabar pada bentuk akar, dan menyederhanakan bentuk
akar. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik
memberikan informasi kepada Peserta Didik tentang materi yang akan mereka
pelajari,dan tujuan pembelajaran (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Mandiri, Kreatif,
Kerja keras);
-Pendidik Mensosialiasakan
kepada peserta didik tentang model pembelajaran yang digunakan dengan tujuan
agar Peserta Didik mengenal dan memahamimya(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras)
Kegiatan Inti
Eksplorasi
- pendidk menyuruh Peserta Didik duduk kedalam beberapa kelompok yang telah dibentuk
sebelumnya.(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,)
-Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi secara garis
besar oleh guru mengenai cara
melakukan operasi aljabar pada bentuk akar. (Bahan : buku paket, yaitu buku
Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri
Kurnianingsih, dkk, hal. 18-22 mengenai operasi aljabar pada bentuk akar). (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Elaborasi
- Pendidik membagikan lembar kerja Siswa (LKS) sebagai bahan diskusi
kepada masing-masing kelompok.dan sebagai(Bahan : buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA
ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal.
18-22 mengenai operasi aljabar pada bentuk akar).(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik
memberikan kesempatan kepada Peserta Didik untuk mengerjakan soal-soal yang
ada dalam LKS dengan waktu yang ditentukan, Peserta Didik diharapkan bekerja
dengan anggota yang lainnya dalam Kelompok.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik memantau
kerja dari tiap kelompok dan membimbing Peserta Didik yang mengalami
kesulitan. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Setelah masing-masing kelompok menyelesaikan tugasnya, guru mengarahkan
siswa untuk melakukan diskusi kelompok sampai masing-masing anggota kelompok
mengerti tentang topik yang sedang dibahas yaitu
1. Cara menentukan
hasil operasi aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian) pada
bentuk akar dengan mengaplikasikan rumus - rumus bentuk akar.
2. Cara
menyederhanakan bentuk akar
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Konfirmasi
- Peserta didik dan
guru secara bersama - sama membahas jawaban soal-soal dari LKS (bahan buku paket pada hal. 18 mengenai penyederhanaan operasi
penjumlahan dan pengurangan pada bentuk akar, hal. 19 mengenai penyederhanaan
operasi perkalian pada bentuk akar, hal. 20 mengenai penyederhanaan operasi
pembagian pada bentuk akar, dan hal. 21 mengenai penyederhanaan bentuk akar
-Pendidik memberikan umpan balik mengkonfirmasi
jawaban peserta didik dan Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, menghargai prestasi);
-Setelah diskusi Pendidik
Memeriksa hasil diskusi atas jawaban kelompok dalam diskusi
(nilai yang
ditanamkan:Tanggung jawab,
Kerja keras);
Penutup
- Pendidik memberi penghargaan kepada kelompok yang terbaik (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, menghargai prestasi);
-Pendidik membuat rangkuman dari materi operasi aljabar pada
bentuk akar.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Pendidik memberikan Kuis (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi
operasi aljabar pada bentuk akar (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Pendidik mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini dengan
mengucapkan hamdalah (nilai yang
ditanamkan: Religius)
|
-Peserta Didk duduk dengan
tenang (nilai
yang ditanamkan: Rasa Menghargai);
- Peserta didik memimpin do’a (nilai yang
ditanamkan: Rasa religius);
- peserta didik mengingat kembali mengenai bentuk akar.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- peserta didik medengarkannya. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- peserta didik medengarkannya. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta didik mendengarkan (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta didik mendengarkan (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Eksplorasi
- Peserta didik duduk dalam kelompoknya. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras,Menghargai,
tanggung jawab, disiplin)
-Peserta
Didik mendengarkan penjelasan dari Pendidik.
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Elaborasi
- peserta didik menerima LKS yang diberikan (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Peserta
didik mengerjakan dan mendiskusikan LKS yang diberikan oleh pendidik dalam
waktu 15 menit.
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Peserta didik berdiskusi
dengan teman sekelompoknya. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta didik mendengarkan
penjelasan guru dan siap mempresentasikan hasil diskusi dengan kelompok
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Demokratif,
Disiplin, Menghargai prestasi, Tanya jawab)
Konfirmasi
-peserta didik mendengarkan (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mendengarkan
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta didik mendengarkannya (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Penutup
peserta didik Mendengarkan. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta
didik mendengarkan. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta didik menjawab
Pertanyaan dari pendidik yang tidak saling membantu satu sama lain (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mendengarkan.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mengucapkan
hadalah (nilai
yang ditanamkan: Rasa Religius);
|
10 menit
20 Menit
25 menit
25 menit
10 menit
|
4.
Pertemuan keempat
Waktu : 2 x 45
menit
No
|
Kegiatan
Pendidik
|
Kegiatan
Peserta Didik
|
Waktu
|
1
2
3
|
Pendahuluan
- Pendidik Memperhatikan
Kehadiran Peserta didik (nilai
yang ditanamkan: Rasa Peduli);
-Pendidik meminta Peserta didik untuk berdo’a (nilai yang
ditanamkan: Rasa Religius);
- pendidik Mengingat kembali
mengenai bilangan rasional dan pembilang serta penyebut suatu pecahan. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Membahas
PR. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-pendidik
memotivasi peserta didik Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik dapat
merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras)
- Pendidik
memberikan informasi kepada Peserta Didik tentang materi yang akan mereka
pelajari,dan tujuan pembelajaran (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Pendidik Mensosialiasakan kepada peserta didik tentang model
pembelajaran yang digunakan dengan tujuan agar Peserta Didik mengenal dan
memahamimya(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Kegiatan Inti
Eksplorasi
- pendidk menyuruh Peserta Didik duduk kedalam beberapa kelompok yang telah dibentuk
sebelumnya.(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,)
-Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi secara garis
besar oleh guru mengenai merasionalkan
penyebut pecahan bentuk akar (Bahan : buku paket, yaitu buku Matematika SMA
dan MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih,
dkk, hal 23-28 mengenai merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar) (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Elaborasi
- Pendidik membagikan lembar kerja Siswa (LKS) sebagai bahan diskusi
kepada masing-masing kelompok.
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik
memberikan kesempatan kepada Peserta Didik untuk mengerjakan soal-soal yang
ada dalam LKS dengan waktu yang ditentukan, Peserta Didik diharapkan bekerja
dengan anggota yang lainnya dalam Kelompok.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik memantau
kerja dari tiap kelompok dan membimbing Peserta Didik yang mengalami
kesulitan. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Setelah masing-masing kelompok menyelesaikan tugasnya, guru mengarahkan
siswa untuk melakukan diskusi kelompok sampai masing-masing anggota kelompok
mengerti tentang topik yang sedang dibahas.
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Konfirmasi
- Peserta didik dan
guru secara bersama - sama membahas jawaban soal-soal dari LKS (bahan dalam buku paket pada hal. 24 dan 25 mengenai cara
merasionalkan penyebut suatu pecahan yang berbentuk akar, kemudian
menyederhanakan bentuk pecahan tersebut (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Pendidik memberikan umpan balik mengkonfirmasi
jawaban peserta didik dan Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, menghargai prestasi);
-Setelah diskusi Pendidik
Memeriksa hasil diskusi atas jawaban kelompok dalam diskusi
(nilai yang
ditanamkan:Tanggung jawab,
Kerja keras);
Penutup
- Pendidik memberi penghargaan kepada kelompok yang terbaik (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, menghargai prestasi);
-Pendidik membuat rangkuman dari materi perasionalan
penyebut suatu pecahan yang berbentuk akar.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Pendidik memberikan Kuis (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi
perasionalan penyebut pecahan bentuk akar.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Pendidik mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini dengan
mengucapkan hamdalah (nilai yang
ditanamkan: Religius)
|
- Peserta Didk duduk dengan
tenang (nilai
yang ditanamkan: Rasa Menghargai);
Peserta didik memimpin do’a (nilai yang
ditanamkan: Rasa religius);
- peserta didik mengingat kembali mengenai bentuk akar.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- peserta didik medengarkannya. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- peserta didik medengarkannya. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta didik mendengarkan (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta didik mendengarkan (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Ekspolarasi
-Peserta didik duduk dalam kelompoknya. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras,Menghargai,
tanggung jawab, disiplin)
-Peserta
Didik mendengarkan penjelasan dari Pendidik.
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Elaborasi
- peserta didik menerima LKS yang diberikan (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, mandiri, kreatif, kerja
keras);
- Peserta didik mengerjakan dan mendiskusikan LKS yang diberikan oleh
pendidik dalam waktu 15 menit.
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Peserta didik berdiskusi
dengan teman sekelompoknya. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta didik mendengarkan
penjelasan guru dan siap mempresentasikan hasil diskusi dengan kelompok
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Demokratif,
Disiplin, Menghargai prestasi, Tanya jawab)
Konfirmasi
-peserta didik mendengarkan (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mendengarkan
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta didik mendengarkannya (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Penutup
-peserta didik Mendengarkan. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta
didik mendengarkan. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta didik menjawab
Pertanyaan dari pendidik yang tidak saling membantu satu sama lain (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mendengarkan.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mengucapkan
hadalah (nilai
yang ditanamkan: Rasa Religius);
|
10 menit
20 Menit
25 menit
25 menit
10 menit
|
5.
Pertemuan kelima
Waktu : 2 x 45
menit
No
|
Kegiatan
Pendidik
|
Kegiatan
Peserta Didik
|
Waktu
|
1
2
3
|
Pendahuluan
- Pendidik Memperhatikan
Kehadiran Peserta didik (nilai
yang ditanamkan: Rasa Peduli);
-Pendidik meminta Peserta didik untuk berdo’a (nilai yang
ditanamkan: Rasa Religius);
- pendidik Mengingat kembali
mengenai bilangan berpangkat, bilangan rasional, dan bentuk akar. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Membahas PR.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-pendidik
memotivasi peserta didik Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik dapat
mengubah bentuk akar ke bentuk pangkat, dan sebaliknya, mengubah pangkat
pecahan negatif menjadi pangkat pecahan positif, dan menyelesaikan persamaan
pangkat sederhana (persamaan eksponen) dengan bilangan pokok yang sama. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik memberikan informasi kepada Peserta Didik tentang materi yang
akan mereka pelajari,dan tujuan pembelajaran (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik Mensosialiasakan
kepada peserta didik tentang model pembelajaran yang digunakan dengan tujuan
agar Peserta Didik mengenal dan memahamimya(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Kegiatan Inti
Eksplorasi
- pendidk menyuruh Peserta Didik duduk kedalam beberapa kelompok yang telah dibentuk
sebelumnya.(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras,Menghargai,
tanggung jawab, disiplin)
-Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian
materi oleh guru mengenai cara mengubah bentuk akar ke bentuk pangkat,
dan sebaliknya, mengubah pangkat pecahan negatif menjadi pangkat pecahan
positif, dan menyelesaikan persamaan pangkat sederhana (persamaan eksponen)
dengan bilangan pokok yang sama, (Bahan : buku paket, yaitu buku Matematika
SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih,
dkk, hal 28-36 mengenai pangkat rasional, yaitu hal. 28-31 mengenai bilangan
berbentuk
Elaborasi
- Pendidik membagikan lembar kerja Siswa (LKS) sebagai bahan diskusi
kepada masing-masing kelompok.
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik
memberikan kesempatan kepada Peserta Didik untuk mengerjakan soal-soal yang
ada dalam LKS dengan waktu yang ditentukan, Peserta Didik diharapkan bekerja
dengan anggota yang lainnya dalam Kelompok.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik memantau
kerja dari tiap kelompok dan membimbing Peserta Didik yang mengalami
kesulitan. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Setelah masing-masing kelompok menyelesaikan tugasnya, guru mengarahkan
siswa untuk melakukan diskusi kelompok sampai masing-masing anggota kelompok
mengerti tentang topik yang sedang dibahas. bilangan dalam bentuk akar dan bilangan bentuk pangkat
pecahan, cara mengubah bentuk akar ke bentuk pangkat, dan sebaliknya,
mengubah pangkat pecahan negatif menjadi pangkat pecahan positif, dan
menyelesaikan persamaan pangkat sederhana (persamaan eksponen) dengan
bilangan pokok yang sama.
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Konfirmasi
- Peserta didik dan
guru secara bersama - sama membahas jawaban soal-soal dari LKS (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Pendidik memberikan umpan balik mengkonfirmasi
jawaban peserta didik dan Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, menghargai prestasi);
-Setelah diskusi Pendidik
Memeriksa hasil diskusi atas jawaban kelompok dalam diskusi
(nilai yang
ditanamkan:Tanggung jawab,
Kerja keras);
Penutup
- Pendidik memberi penghargaan kepada kelompok yang terbaik (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, menghargai prestasi);
-Pendidik membuat rangkuman dari materi bilangan dalam bentuk akar dan bilangan
dalam bentuk pangkat pecahan (pangkat rasional)..
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Pendidik memberikan Kuis (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi bilangan
dalam bentuk akar dan bilangan dalam bentuk pangkat pecahan (pangkat rasional)
berdasarkan latihan hal. 35-36.
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Pendidik mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini dengan
mengucapkan hamdalah (nilai yang
ditanamkan: Religius)
|
- Peserta Didk duduk dengan
tenang (nilai
yang ditanamkan: Rasa Menghargai);
Peserta didik memimpin do’a (nilai yang
ditanamkan: Rasa religius);
- peserta didik mengingat kembali mengenai bentuk akar.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- peserta didik medengarkannya. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- peserta didik medengarkannya. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta didik mendengarkan (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
tahu, Mandiri,
Kreatif, Kerja keras);
-Peserta didik mendengarkan (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingintahu, mandiri, kreatif, kerja
keras);
Ekspolarasi
-Peserta didik duduk dalam kelompoknya. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras,Menghargai,
tanggung jawab, disiplin)
-Peserta
Didik mendengarkan penjelasan dari Pendidik.
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Elaborasi
- peserta didik menerima LKS yang diberikan (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Peserta didik mengerjakan dan mendiskusikan LKS yang diberikan oleh
pendidik dalam waktu 15 menit.(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Peserta didik berdiskusi
dengan teman sekelompoknya. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta didik mendengarkan
penjelasan guru dan siap mempresentasikan hasil diskusi dengan kelompok
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Demokratif,
Disiplin, Menghargai prestasi, Tanya jawab)
Konfirmasi
-peserta didik mendengarkan (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mendengarkan
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta didik mendengarkannya (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Penutup
-peserta didik Mendengarkan. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta
didik mendengarkan. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta didik menjawab
Pertanyaan dari pendidik yang tidak saling membantu satu sama lain (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mendengarkan.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mengucapkan
hadalah (nilai
yang ditanamkan: Rasa Religius);
|
10 menit
20 menit
25 menit
25 menit
10 menit
|
6.
Pertemuan keenam
Waktu : 2 x 45
menit
No
|
Kegiatan
Pendidik
|
Kegiatan
Peserta Didik
|
Waktu
|
1
2
3
|
Pendahuluan
- Pendidik Memperhatikan Kehadiran Peserta didik (nilai yang
ditanamkan: Rasa Peduli);
-Pendidik meminta Peserta didik untuk berdo’a (nilai yang
ditanamkan: Rasa Religius);
- Pendidik Mengingat
kembali mengenai sifat-sifat bilangan berpangkat dengan pangkat bulat
positif, pangkat bulat negatif, dan nol, notasi Ilmiah, bilangan rasional,
bilangan irrasional (bilangan bentuk akar), operasi aljabar pada bentuk akar,
merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar, dan pangkat rasional. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-pendidik memotivasi peserta didik Agar peserta didik dapat menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan
materi mengenai sifat-sifat bilangan
berpangkat (pangkat bulat positif, negatif, dan nol), notasi Ilmiah, bilangan
rasional, bilangan irrasional (bilangan bentuk akar), operasi aljabar pada
bentuk akar, merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar, serta pangkat
rasional (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras)
- Pendidik Mensosialiasakan kepada peserta didik tentang pelaksanaan
ujian (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Kegiatan Inti
Eksplorasi
- pendidik Menyuruh Peserta didik untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis
secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Elaborasi
- - pendidik memberikan lembar soal ulangan harian.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Pendidik mengingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi
peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Konfirmasi
-Pendidik mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal
ulangan harian telah selesai.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Penutup
- Pendidik meningatkan untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu tentang
pengertian logaritma dan sifat-sifat logaritma.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik mengakhiri
pembelajaran pada pertemuan ini dengan mengucapkan hamdalah (nilai
yang ditanamkan: Rasa Religius);
|
- Peserta Didk duduk dengan
tenang (nilai
yang ditanamkan: Rasa Menghargai);
Peserta Peserta didik memimpin
do’a (nilai yang
ditanamkan: Rasa religius);
- peserta didik mengingat kembali mengenai bentuk akar.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- peserta didik medengarkannya. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- peserta didik medengarkannya. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Ekspolarasi
-Peserta didik duduk dalam kelompoknya. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras,Menghargai,
tanggung jawab, disiplin)
Elaborasi
- peserta didik mendengarkan (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Konfirmasi
-peserta didik mendengarkan (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Penutup
-peserta didik Mendengarkan. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mengucapkan
hadalah (nilai
yang ditanamkan: Rasa Religius);
|
10 menit
20 Menit
45 menit
5 menit
10 menit
|
7.
Pertemuan ketujuh
Waktu : 2 x 45
menit
No
|
Kegiatan
Pendidik
|
Kegiatan
Peserta Didik
|
Waktu
|
1
2
3
|
Pendahuluan
- Pendidik Memperhatikan
Kehadiran Peserta didik (nilai
yang ditanamkan: Rasa Peduli);
-Pendidik meminta Peserta didik untuk berdo’a (nilai yang
ditanamkan: Rasa Religius);
-pendidik memotivasi peserta didik Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik dapat
memahami pengertian dan sifat-sifat dari logaritma (operasi aljabar
logaritma), dapat mengubah bentuk pangkat ke bentuk logaritma, dan
sebaliknya, serta melaku-kan operasi aljabar pada bentuk logaritma. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik
memberikan informasi kepada Peserta Didik tentang materi yang akan mereka
pelajari,dan tujuan pembelajaran (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik Mensosialiasakan kepada peserta didik tentang model
pembelajaran yang digunakan dengan tujuan agar Peserta Didik mengenal dan
memahamimya. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Kegiatan Inti
Eksplorasi
- pendidk menyuruh Peserta Didik duduk kedalam beberapa kelompok yang telah dibentuk
sebelumnya.(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,)
-Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi secara garis
besar oleh guru mengenai cara mengubah
bentuk pangkat ke bentuk logaritma, dan sebaliknya, serta melakukan operasi
aljabar pada bentuk logaritma (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMA
dan MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih,
dkk, hal. 36-38 mengenai pengertian logaritma, dan hal. 38-43 mengenai
sifat-sifat logaritma (operasi aljabar logaritma).
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Elaborasi
- Pendidik membagikan lembar kerja
Siswa (LKS) sebagai bahan diskusi kepada masing-masing kelompok tentang definisi
logaritma dan sifat-sifat logaritma beserta pembuktiannya, cara mengubah
bentuk pangkat ke bentuk logaritma, dan sebaliknya, serta cara menentukan
hasil operasi aljabar pada bentuk logaritma dengan mengaplikasikan rumus-rumus
bentuk logaritma..
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik
memberikan kesempatan kepada Peserta Didik untuk mengerjakan soal-soal yang
ada dalam LKS dengan waktu yang ditentukan, Peserta Didik diharapkan bekerja
dengan anggota yang lainnya dalam Kelompok.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik memantau
kerja dari tiap kelompok dan membimbing Peserta Didik yang mengalami
kesulitan. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Setelah
masing-masing kelompok menyelesaikan tugasnya, guru mengarahkan siswa untuk
melakukan diskusi kelompok sampai masing-masing anggota kelompok mengerti
tentang topik yang sedang dibahas
1. Definisi
logaritma dan sifat-sifat logaritma.
2. Pengubahan
bentuk logaritma ke dalam bentuk pangkat, dan sebaliknya.
3. Penentuan hasil
operasi aljabar pada bentuk logaritma dengan mengaplikasikan rumus-rumus
bentuk logaritma.
(nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Konfirmasi
- Peserta didik dan
guru secara bersama - sama membahas jawaban soal-soal dari LKS (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Pendidik memberikan umpan balik mengkonfirmasi
jawaban peserta didik dan Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, menghargai prestasi);
-Setelah diskusi Pendidik
Memeriksa hasil diskusi atas jawaban kelompok dalam diskusi
(nilai yang
ditanamkan:Tanggung jawab,
Kerja keras);
Penutup
- Pendidik memberi penghargaan kepada kelompok yang terbaik (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, menghargai prestasi);
-Pendidik membuat rangkuman dari materi mengenai definisi
logaritma dan sifat-sifat logaritma (operasi aljabar logaritma). (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Pendidik memberikan Kuis (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi
definisi logaritma dan sifat-sifat logaritma (operasi aljabar logaritma),
pengubahan bentuk pangkat ke bentuk logaritma, dan sebaliknya, serta
penentuan hasil operasi aljabar pada bentuk logaritma dengan mengaplikasikan
rumus-rumus bentuk logaritma (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Pendidik mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini dengan
mengucapkan hamdalah (nilai yang
ditanamkan: Religius)
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
|
- Peserta Didk duduk dengan
tenang (nilai
yang ditanamkan: Rasa Menghargai);
- Peserta didik memimpin do’a (nilai yang
ditanamkan: Rasa religius);
- peserta didik mengingat kembali mengenai bentuk akar.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- peserta didik medengarkannya. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- peserta didik medengarkannya. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Eksplorasi
- Peserta didik duduk dalam kelompoknya. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras,Menghargai,
tanggung jawab, disiplin)
-Peserta
Didik mendengarkan penjelasan dari Pendidik.
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Elaborasi
- peserta didik menerima LKS yang diberikan (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Peserta
didik mengerjakan dan mendiskusikan LKS yang diberikan oleh pendidik dalam
waktu 15 menit.
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Peserta didik berdiskusi
dengan teman sekelompoknya. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta didik mendengarkan
penjelasan guru dan siap mempresentasikan hasil diskusi dengan kelompok
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Demokratif,
Disiplin, Menghargai prestasi, Tanya jawab)
Konfirmasi
-peserta didik mendengarkan (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mendengarkan
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta didik mendengarkannya (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Penutup
peserta didik Mendengarkan. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta
didik mendengarkan. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta didik menjawab
Pertanyaan dari pendidik yang tidak saling membantu satu sama lain (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mendengarkan.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mengucapkan hamdalah
(nilai yang
ditanamkan: Rasa Religius);
|
10 menit
20 Menit
25 menit
25 menit
10 menit
|
8.
Pertemuan kedelapan
Waktu : 2 x 45
menit
No
|
Kegiatan
Pendidik
|
Kegiatan
Peserta Didik
|
Waktu
|
1
2
3
|
Pendahuluan
-Pendidik Memperhatikan Kehadiran Peserta didik (nilai yang
ditanamkan: Rasa peduli);
-Pendidik meminta Peserta didik untuk berdo’a (nilai yang
ditanamkan: Rasa Religius);
- pendidik Mengingatkan kembali mengenai sifat - sifat
logaritma. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Membahas PR.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-pendidik memotivasi peserta
didik Apabila materi
ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik dapat menentukan logaritma dan
antilogaritma dari suatu bilangan dengan tabel yang bersesuaian (tabel
logaritma atau tabel antilogaritma) atau kalkulator, serta menggunakan
logaritma untuk perhitungan.
- Pendidik
memberikan informasi kepada Peserta Didik tentang materi yang akan mereka
pelajari,dan tujuan pembelajaran (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik Mensosialiasakan kepada peserta didik tentang model
pembelajaran yang digunakan dengan tujuan agar Peserta Didik mengenal dan
memahamimya (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Kegiatan Inti
Eksplorasi
- pendidk menyuruh Peserta Didik duduk kedalam beberapa kelompok yang telah dibentuk
sebelumnya.(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,)
-Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi secara garis
besar oleh guru mengenai cara menentukan logaritma dan antilogaritma
dari suatu bilangan dengan tabel yang bersesuaian (tabel logaritma atau tabel
antilogaritma) atau kalkulator, serta menggunakan logaritma untuk
perhitungan, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi
tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X
Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal 44-47 mengenai
penentuan logaritma suatu bilangan dengan tabel logaritma, hal. 47 mengenai
penentuan logaritma suatu bilangan dengan kalkulator, hal. 48-50 mengenai
penentuan antilogaritma suatu bilangan dengan tabel antilogaritma, hal. 50
mengenai penentuan antilogaritma suatu bilangan dengan kalkulator, serta hal.
51-52 mengenai penggunaan logaritma untuk perhitungan). (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Elaborasi
- Pendidik membagikan lembar kerja Siswa (LKS) sebagai bahan diskusi
kepada masing-masing kelompok tentang cara menentukan logaritma dan antilogaritma dengan
tabel atau kalkulator, serta cara menggunakan logaritma untuk perhitungan. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik
memberikan kesempatan kepada Peserta Didik untuk mengerjakan soal-soal yang
ada dalam LKS dengan waktu yang ditentukan, Peserta Didik diharapkan bekerja
dengan anggota yang lainnya dalam Kelompok.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras)
- Pendidik memantau kerja dari tiap kelompok dan membimbing
Peserta Didik yang mengalami kesulitan. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Setelah masing-masing kelompok menyelesaikan tugasnya, guru mengarahkan
siswa untuk melakukan diskusi kelompok sampai masing-masing anggota kelompok
mengerti tentang topik yang sedang dibahas yaitu penentuan
logaritma dan antilogaritma suatu bilangan dengan tabel logaritma, tabel
antilogaritma, serta kalkulator, (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Konfirmasi
- Peserta didik dan
guru secara bersama - sama membahas jawaban soal-soal dari LKS (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Pendidik memberikan umpan balik mengkonfirmasi
jawaban peserta didik dan Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, menghargai prestasi);
-Setelah diskusi Pendidik
Memeriksa hasil diskusi atas jawaban kelompok dalam diskusi
(nilai yang
ditanamkan:Tanggung jawab,
Kerja keras);
Penutup
- Pendidik memberi penghargaan kepada kelompok yang terbaik (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, menghargai prestasi);
-Pendidik membuat rangkuman dari materi mengenai penentuan
logaritma dan antilogaritma dengan tabel yang bersesuaian (tabel logaritma
atau tabel antilogaritma) atau kalkulator serta penggunaan logaritma untuk
perhitungan.
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Pendidik memberikan Kuis (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Peserta didik diingatkan untuk mempelajari pengertian logaritma,
sifat-sifat logaritma, penentuan logaritma dan antilogaritma dengan tabel
atau kalkulator, serta penggunaan logaritma untuk perhitungan, untuk
menghadapi ulangan harian pada pertemuan berikutnya. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Peserta didik
diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi penentuan logaritma
dan antilogaritma dengan tabel yang bersesuaian (tabel logaritma atau tabel
antilogaritma) atau kalkulator serta penggunaan logaritma untuk perhitungan, (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Pendidik mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini dengan
mengucapkan hamdalah (nilai yang
ditanamkan: Religius)
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
|
Peserta Didk duduk dengan
tenang (nilai
yang ditanamkan: Rasa Menghargai);
- Peserta didik memimpin do’a (nilai yang
ditanamkan: Rasa religius);
- peserta didik mengingat kembali mengenai bentuk akar.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- peserta didik medengarkannya. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- peserta didik medengarkannya. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik medengarkannya. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- peserta didik medengarkannya. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Eksplorasi
- Peserta didik duduk dalam kelompoknya. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras,Menghargai, tanggung
jawab, disiplin)
-Peserta
Didik mendengarkan penjelasan dari Pendidik.
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Elaborasi
- peserta didik menerima LKS yang diberikan (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Peserta
didik mengerjakan dan mendiskusikan LKS yang diberikan oleh pendidik dalam
waktu 15 menit.
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Peserta didik berdiskusi
dengan teman sekelompoknya. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta didik mendengarkan
penjelasan guru dan siap mempresentasikan hasil diskusi dengan kelompok
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Demokratif,
Disiplin, Menghargai prestasi, Tanya jawab)
Konfirmasi
-peserta didik mendengarkan (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mendengarkan
(nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta didik mendengarkannya (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Penutup
-peserta didik Mendengarkan. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta
didik mendengarkan. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Peserta didik menjawab
Pertanyaan dari pendidik yang tidak saling membantu satu sama lain (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mendengarkan.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mendengarkan.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mengucapkan hamdalah
(nilai yang
ditanamkan: Rasa Religius);
|
10 menit
20 Menit
25 menit
25 menit
10 menit
|
9.
Pertemuan kesembilan
Waktu : 2 x 45
menit
No
|
Kegiatan
Pendidik
|
Kegiatan
Peserta Didik
|
Waktu
|
1
2
3
|
Pendahuluan
-Pendidik Memperhatikan Kehadiran Peserta didik (nilai yang ditanamkan:
Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik meminta Peserta didik untuk berdo’a (nilai yang
ditanamkan: Rasa Religius);
-Mengingat kembali mengenai pengertian logaritma, sifat-sifat logaritma,
penentuan logaritma dan antilogaritma dengan tabel atau kalkulator, serta
penggunaan logaritma untuk perhitungan.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-pendidik
memotivasi peserta didik Agar peserta didik dapat menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan
materi mengenai pengertian logaritma, sifat-sifat logaritma, penentuan
logaritma dan antilogaritma dengan tabel atau kalkulator, serta penggunaan
logaritma untuk perhitungan.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik
memberikan informasi kepada Peserta Didik tentang Pelaksanaan ujian (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Kegiatan Inti
Eksplorasi
- pendidik Menyuruh Peserta didik untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis
secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Elaborasi
- - pendidik memberikan lembar soal ulangan harian.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-Pendidik mengingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi
peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Konfirmasi
-Pendidik mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal
ulangan harian telah selesai.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Penutup
- Pendidik meningatkan untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu tentang penyederhanaan
bentuk aljabar yang memuat bentuk pangkat, akar, dan logaritma. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- Pendidik mengakhiri
pembelajaran pada pertemuan ini dengan mengucapkan hamdalah (nilai
yang ditanamkan: Rasa Religius);
|
- Peserta Didk duduk dengan
tenang (nilai
yang ditanamkan: Rasa Menghargai);
-Peserta Peserta didik memimpin
do’a (nilai yang
ditanamkan: Rasa religius);
- peserta didik mengingat kembali mengenai bentuk akar.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- peserta didik medengarkannya. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
- peserta didik medengarkannya. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Ekspolarasi
-Peserta didik duduk dalam kelompoknya. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras,Menghargai,
tanggung jawab, disiplin)
Elaborasi
- peserta didik mendengarkan (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mendengarkan (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Konfirmasi
-peserta didik mendengarkan .
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Penutup
-peserta didik Mendengarkan. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-peserta didik mengucapkan
hadalah (nilai
yang ditanamkan: Rasa Religius);
|
10 menit
20 Menit
45 menit
5 menit
10 menit
|
I.
Penilaian
Teknik :
tugas individu, tugas kelompok, kuis,
ulangan harian.
Bentuk Instrumen :
uraian singkat, pilihan ganda.
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………….
(
......................................................... )
NIP/NIK :…………..……………….
|
|
........., ......, ............... 20...
Pendidik Mapel Matematika.
( ...........................................)
NIP/NIK :…….…………….
|
Contoh
Instrumen :
1. Sederhanakanlah.
a.
b.
2. Nyatakan
bilangan berikut dalam pangkat positif dan sederhanakan.
a.
b.
3. Nyatakan
bilangan berikut dalam notasi ilmiah.
a.
0,0000002578 b. 820.000.000.000.000
4. Di antara bilangan-bilangan berikut, manakah
yang merupakan bilangan bentuk akar?
a.
d.
b.
e.
c.
f.
5. Nyatakan penjumlahan dan pengurangan berikut
dalam bentuk akar yang sederhana.
a.
b.
6. Rasionalkan
penyebut tiap pecahan berikut.
a.
d.
b.
e.
c.
7. Nyatakan bilangan-bilangan berikut dalam
bentuk pangkat.
a.
d.
b.
e.
c.
8. Sederhanakanlah bentuk
9. Tentukan nilai x dari persamaan
10.
a.
d.
b.
e.
c.
11. Sederhanakan bentuk akar berikut ini.
a.
d.
b.
e.
c.
12. Ubahlah ke dalam bentuk logaritma.
a.
c.
b.
13.
Sederhanakanlah
14. Tentukan nilai dari logaritma berikut.
a. log 45,458 d. log 0,098
b. log
144,3 e.
log 0,001
c. log
0,05
15. Nilai
adalah…….
a.
5 d.
1,5
b.
2,5 e. 0,6
c.
2
16. Jika
, maka
=…
a.
d.
b.
e.
c.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar