Kamis, 17 Januari 2013

RPP SMA Kelas X SEMESTER I KD 3.4 (Melinda Darma Aprilianti)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I.     Identitas
Satuan pendidikan             : SMA
Mata pelajaran                    : Matematika
Kelas/semester                    : X/I
Jumlah pertemuan              : 2 X 45 menit (1 Pertemuan)
Standar kompetensi             : Memecahkan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan pertidaksamaan satu variabel.
Kompetensi dasar               :
3.4 Menyelesaikan pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar
Indikator                            :
1.      Menjelaskan sifat dan aturan yang digunakan dalam proses penyelesaian pertidaksamaan.
2.      Menentukan penyelesaian pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar (pecahan bentuk linear dan kuadrat).
3.      Menentukan penyelesaian pertidaksamaan bentuk akar dan bentuk nilai mutlak.
Tujuan Pembelajaran 
1.      Siswa dapat menjelaskan sifat dan aturan yang digunakan dalam proses penyelesaian pertidaksamaan.
2.      Siswa dapat menentukan penyelesaian pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar (pecahan bentuk linear dan kuadrat).
3.      Siswa dapat menentukan penyelesaian pertidaksamaan bentuk akar dan bentuk nilai mutlak.

II.          Materi Ajar
A.    Konsep
-          Persamaan linear
Bentuk baku dari pertidaksamaan linear yaitu:
1.      ax + b< 0                    3. ax + b > 0
2.      ax + b  0                   4. ax + b  0
dengan a dan b bilangan real dan a ≠ 0
-          Pertidaksamaan Pecahan
Bentuk umum
1.                            3.

2.                           4. 

-          Pertidaksamaan bentuk akar
Bentuk umum    

B.     Fakta
Contoh :
Selesaikan pertidaksmaan    
         2x -3 < 9                  2x - ≥ 0
         2x > 9 + 3                   2x ≥ 3
         2x > 12                      x ≥  3/2
x> 16
Jadi  HP = { x 1 x > 6}


A. Metode pembelajaran
Model pembelajaran : kooperatif tipe Numberes Head Together
Metode pembelajaran : - diskusi              
 - tanya jawab
 - penugasan/pemberian tugas
B.    Sumber Pembelajaran
Buku Mathematics for senior high school year X Bilingual karangan Yudistira.



C.    Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan pertama
Waktu : 2 x 45 menit
No
Kegiatan pendidik
Kegiatan peserta didik
Waktu
1
Pendahuluan
- Pendidik memperhatikan Kehadiran Peserta didik (NK:Peduli Sosial)
-Guru meminta siswa untuk berdoa(NK : religius)
- Pendidik mengingatkan kembali tentang sistem persamaan linear
- Pendidik memotivasi peserta didik Apabila konsep dari materi yang dipelajari dapat dipahami, maka  Peserta Didik dapat mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari (NK:rasa ingin tahu)
- Pendidik memberikan informasi kepada Peserta Didik tentang materi yang akan mereka pelajari,dan tujuan pembelajaran (NK: rasa ingin tahu)
- Pendidik Mensosialiasakan kepada peserta didik tentang model pembelajaran yang digunakan dengan tujuan agar Peserta Didik mengenal dan memahamimya.(NK: Rasa ingin tahu)

-  Peserta didik duduk dengan tenang(NK: menghargai)

- Peserta didik memimpin do’a (NK: Religius)
- Peserta didik mengingat kembali tentang sistem persamaan linear.
- Peserta didik mendengarkan (NK : rasa ingin tahu)



- Peserta didik mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari pendidik (NK : menghargai)

- Peserta didik mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari pendidik (NK : menghargai) 
10 menit
2
Kegiatan inti
Eksplorasi
- Pendidk membentuk Peserta Didik kedalam  beberapa kelompok dimana kelompok terdiri dari 4-5 orang yang sudah direncanakan (NK: Demokratis)
- Pendidik meminta peserta didik duduk pada kelompok masing-masing, memilih dan memasangkan topi bernomor di kepala siswa, dengan masing-masing siswa memiliki nomor yang berbeda dalam satu kelompok
Elaborasi
- Pendidik memberikan LKS 1 yang berisikan materi sebagai bahan diskusi kepada masing-masing kelompok. (NK:Disiplin)
-Pendidik memberikan kesempatan kepada Peserta Didik untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam LKS dengan waktu yang ditentukan, Peserta Didik diharapkan bekerja secara individu tetapi tidak menutup kemungkinan mereka saling bertukar pikiran dengan anggota yang lainnya dalam Kelompok.
- Pendidik memantau kerja dari tiap kelompok dan membimbing Peserta Didik yang mengalami kesulitan.
Konfirmasi
-Pendidik meminta peserta didik yang nomor dan kelompok yang terpilih, untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok didepan kelas.
Jika nomor dan kelompok mendapatkan kendala dalam mempresentasikan, pendidik meminta peserta didik dengan nomor yang sama pada kelompok lain untuk melengkapi jawaban.
- Pendidik memberikan umpan balik/ mengkonfirmasi jawaban peserta didik (NK: Menghargai prestasi)
-Setelah diskusi Pendidik Memeriksa hasil diskusi atas jawaban kelompok dalam diskusi (NK:Tanggung jawab)

Eksplorasi
- Peserta didik membentuk kelompok yang telah direncanakan oleh pendidik. (NK : Menghargai, tanggung jawab, disiplin, demokratis)

- Peserta didik duduk dalam kelompok masing-masing dengan tertib , serta memasangkan topi dengan benar.



Elaborasi
- Peserta didik menerima LKS yang diberikan (NK:Disiplin)


-          Peserta didik mengerjakan dan mendiskusikan LKS yang diberikan oleh pendidik dalam waktu 15 menit.
  (NK: Tanggung jawab, disiplin)


- Peserta didik berdiskusi dibawah bimbingan pendidik (NK: bertanggungjawab).

Konfirmasi
- Peserta didik yang terpilih mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok lain memdegarkan dan memperhatikan dengan serius (NK : menghargai)

-Peserta didik mengikuti proses diskusi dengan serius (NK: Menghargai prestasi)

- Peserta didik mengumpulkan hasil diskusi
(NK:Tanggung jawab)


10 menit













25 menit


















30 menit
3
Penutup
- Pendidik memberi penghargaan kepada kelompok yang terbaik (NK: Menghargai Prestasi)
- Pendidik memberikan Kuis (NK:rasa Ingin Tahu)
 

- Pendidik mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini dengan mengucapkan  hamdalah (NK: Religius)
Penutup
-Peserta didik mendengarkan
(NK: Menghargai Prestasi)

- Peserta didik menjawab Pertanyaan dari pendidik yang tidak saling membantu satu sama lain (NK: Tanggung jawab)
-Peserta didik mengucapkan hamdalah (NK: Religius)

15 menit

D. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Menjelaskan sifat dan aturan yang digunakan dalam proses penyelesaian pertidaksamaan


Ø  Membedakan himpunan kosong dan nol serta notasinya.



Ø  Menentukan penyelesaian pertidaksamaan bentuk akar dan bentuk nilai mutlak.
Tes tertulis



Tes lisan




Tes uraian



Daftar Pertanyaan




1.      Nilai  yang memenuhi  pertidaksamaan
     adalah...




2.      Nilai  yang memenuhi 
      pertidaksamaan
        adalah...

3.      Nilai  yang memenuhi
      pertidaksamaan
     adalah…
4.      Tentukan himpunan penyelesaian dari  pertidaksamaan .


VI Pedoman Penilaian

Nomor soal
A
B
C
Skor maksimum
2
2
2
Skor minimum




                                    Nilai (N ) =
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………….



( ......................................................... )
NIP/NIK :…………..……………….

........., ......, ............... 20...
Pendidik Mapel Matematika.



( ...........................................)
NIP/NIK :…….…………….



Tidak ada komentar:

Posting Komentar