RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I.
Identitas
Satuan pendidikan :
SMA
Mata pelajaran :
Matematika
Kelas/semester :
X/I
Jumlah pertemuan : 2 X 45 menit (1 Pertemuan)
Standar kompetensi : Memecahkan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan
linear dan pertidaksamaan satu variabel.
Kompetensi dasar :
3.4 Menyelesaikan pertidaksamaan satu variabel yang
melibatkan bentuk pecahan aljabar
Indikator :
1. Menjelaskan sifat dan aturan yang digunakan dalam proses
penyelesaian pertidaksamaan.
2. Menentukan penyelesaian pertidaksamaan satu variabel yang
melibatkan bentuk pecahan aljabar (pecahan bentuk linear dan kuadrat).
3. Menentukan penyelesaian pertidaksamaan bentuk akar dan
bentuk nilai mutlak.
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa
dapat menjelaskan sifat dan aturan yang digunakan dalam proses
penyelesaian pertidaksamaan.
2. Siswa dapat menentukan
penyelesaian pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan
aljabar (pecahan bentuk linear dan kuadrat).
3. Siswa dapat menentukan
penyelesaian pertidaksamaan bentuk akar dan bentuk nilai mutlak.
II.
Materi
Ajar
A. Konsep
-
Persamaan linear
Bentuk baku dari pertidaksamaan linear yaitu:
1.
ax + b< 0 3. ax + b > 0
2.
ax + b
0 4. ax + b
0
dengan a dan b bilangan real dan a ≠ 0
-
Pertidaksamaan Pecahan
Bentuk umum
1.
3.
2.
4.
-
Pertidaksamaan bentuk akar
Bentuk umum
B. Fakta
Contoh :
Selesaikan pertidaksmaan
2x -3 < 9 2x - ≥ 0
2x > 9 + 3 2x ≥ 3
2x > 12 x ≥
3/2
x> 16
Jadi
HP = { x 1 x > 6}
A. Metode pembelajaran
Model pembelajaran :
kooperatif tipe Numberes Head Together
Metode
pembelajaran : - diskusi
- tanya jawab
- penugasan/pemberian tugas
B. Sumber Pembelajaran
Buku
Mathematics for senior high school year X Bilingual karangan Yudistira.
C.
Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan
pertama
Waktu : 2 x 45 menit
No
|
Kegiatan
pendidik
|
Kegiatan peserta didik
|
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
- Pendidik
memperhatikan Kehadiran Peserta didik (NK:Peduli Sosial)
-Guru meminta siswa untuk berdoa(NK : religius)
- Pendidik mengingatkan kembali tentang sistem persamaan linear
- Pendidik memotivasi
peserta didik Apabila konsep dari materi yang dipelajari dapat dipahami, maka Peserta Didik dapat mengaitkan dengan
kehidupan sehari-hari (NK:rasa ingin tahu)
- Pendidik memberikan informasi kepada Peserta Didik tentang materi yang
akan mereka pelajari,dan tujuan pembelajaran (NK: rasa ingin tahu)
- Pendidik Mensosialiasakan
kepada peserta didik tentang model pembelajaran yang digunakan dengan tujuan
agar Peserta Didik mengenal dan memahamimya.(NK: Rasa ingin tahu)
|
-
Peserta didik duduk dengan
tenang(NK: menghargai)
- Peserta didik
memimpin do’a (NK: Religius)
- Peserta didik
mengingat kembali tentang sistem persamaan linear.
- Peserta
didik mendengarkan (NK : rasa ingin tahu)
- Peserta didik
mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari pendidik (NK : menghargai)
- Peserta didik
mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari pendidik (NK :
menghargai)
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan inti
Eksplorasi
- Pendidk membentuk Peserta Didik kedalam
beberapa kelompok dimana kelompok terdiri dari 4-5 orang yang sudah
direncanakan (NK: Demokratis)
- Pendidik
meminta peserta didik duduk pada kelompok masing-masing, memilih dan
memasangkan topi bernomor di kepala siswa, dengan masing-masing siswa
memiliki nomor yang berbeda dalam satu kelompok
Elaborasi
- Pendidik memberikan
LKS 1 yang berisikan materi sebagai bahan
diskusi kepada masing-masing kelompok. (NK:Disiplin)
-Pendidik memberikan kesempatan
kepada Peserta Didik untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam LKS dengan
waktu yang ditentukan, Peserta Didik diharapkan bekerja secara individu
tetapi tidak menutup kemungkinan mereka saling bertukar pikiran dengan
anggota yang lainnya dalam Kelompok.
- Pendidik memantau kerja dari
tiap kelompok dan membimbing Peserta Didik yang mengalami kesulitan.
Konfirmasi
-Pendidik meminta
peserta didik yang nomor dan kelompok yang terpilih, untuk mempresentasikan
hasil kerja kelompok didepan kelas.
Jika nomor dan
kelompok mendapatkan kendala dalam mempresentasikan, pendidik meminta peserta
didik dengan nomor yang sama pada kelompok lain untuk melengkapi jawaban.
- Pendidik memberikan umpan
balik/ mengkonfirmasi jawaban peserta didik (NK: Menghargai prestasi)
-Setelah diskusi Pendidik Memeriksa
hasil diskusi atas jawaban kelompok dalam diskusi (NK:Tanggung jawab)
|
Eksplorasi
- Peserta
didik membentuk kelompok yang telah direncanakan oleh pendidik. (NK : Menghargai,
tanggung jawab, disiplin, demokratis)
- Peserta didik duduk dalam kelompok masing-masing dengan tertib , serta
memasangkan topi dengan benar.
Elaborasi
- Peserta didik menerima LKS yang diberikan (NK:Disiplin)
-
Peserta didik
mengerjakan dan mendiskusikan LKS yang diberikan oleh pendidik dalam waktu 15
menit.
(NK: Tanggung jawab, disiplin)
- Peserta didik
berdiskusi dibawah bimbingan pendidik (NK: bertanggungjawab).
Konfirmasi
- Peserta didik yang terpilih
mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok lain memdegarkan dan
memperhatikan dengan serius (NK : menghargai)
-Peserta didik mengikuti
proses diskusi dengan serius (NK:
Menghargai prestasi)
- Peserta didik mengumpulkan
hasil diskusi
(NK:Tanggung jawab)
|
10 menit
25 menit
30 menit
|
3
|
Penutup
- Pendidik memberi penghargaan kepada kelompok yang terbaik (NK:
Menghargai Prestasi)
- Pendidik memberikan Kuis (NK:rasa Ingin Tahu)
- Pendidik mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini dengan
mengucapkan hamdalah (NK: Religius)
|
Penutup
-Peserta didik mendengarkan
(NK: Menghargai Prestasi)
- Peserta didik menjawab
Pertanyaan dari pendidik yang tidak saling membantu satu sama lain (NK:
Tanggung jawab)
-Peserta didik mengucapkan hamdalah
(NK: Religius)
|
15 menit
|
D. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
Ø Menjelaskan sifat dan aturan
yang digunakan dalam proses penyelesaian pertidaksamaan
Ø Membedakan himpunan kosong dan nol serta
notasinya.
Ø Menentukan penyelesaian
pertidaksamaan bentuk akar dan bentuk nilai mutlak.
|
Tes tertulis
Tes lisan
|
Tes uraian
Daftar Pertanyaan
|
1.
Nilai
2.
Nilai
pertidaksamaan
3.
Nilai
pertidaksamaan
4.
Tentukan himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan
|
VI Pedoman
Penilaian
Nomor soal
|
A
|
B
|
C
|
Skor
maksimum
|
2
|
2
|
2
|
Skor
minimum
|
|
|
|
Nilai (N ) =
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………….
( .........................................................
)
NIP/NIK :…………..……………….
|
|
........., ......, ............... 20...
Pendidik Mapel Matematika.
( ...........................................)
NIP/NIK :…….…………….
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar