Kamis, 17 Januari 2013

RPP SMA Kelas X SEMESTER I KD 2.1 , 2.2 & 2.3 (Susanti Maiyusri)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I.     Identitas
Satuan pendidikan              : SMA
Mata pelajaran                    : Matematika
Kelas/semester                    : X/I
Jumlah pertemuan              : 2 X 45 menit (1 Pertemuan)
Standar kompetensi    
     2. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat  serta pertidaksamaan kuadrat.
Kompetensi dasar       
 2.1 memahami konsep fungsi
Indikator                     
1.      Memahami pengertian fungsi
2.      Mengidentifikasi fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat.
Tujuan Pembelajaran 
1.      Siswa dapat memahami pengertian fungsi
2.      Siswa dapat mengidentifikasi fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat.

II.  Materi Ajar
1. relasi dan fungsi
       Definisi I
       Pasangan bilangan (x,y) dengan x sebagai urutan pertama dan y sebagai urutan kedua
       Definisi II
       Jika A dan B adalah dua himpunan yang tidak kosong,maka produk kartesius himpunan A dan B adalah himpunan semua pasangan terurut (x,y) dengan x  A dan y  B ditulis


Definisi III
Misalkan  dan  merupakan produk cartesius himpunan  dan , maka relasi  dari  ke  adalah sembarang himpunan bagian dari produk cartesius
Himpunan-himpunan , ,  dan  diatas merupakan himpunan bagian dari produk kartesius yang dikenal sebagai atau  dari himpunan  ke .
Dari uraian di atas, pada relasi  =  diperoleh hasil :
a.    Himpunan ordinat pertama (absis) dari pasangan terurut  disebut  relasi
b.    Himpunan  disebut   relasi
c.    Himpunan bagian dari  dengan  dan  disebut  relasi  
Definisi VI
Relasi dari himpunan  ke  disebut fungsi atau pemetaaan, jika setiap unsur (anggota) dalam himpunan  berpasangan tepat hanya dengan sebuah unsur (anggota)  dalam himpunan
Dari definisi tersebut, suatu relasi merupakan fungsi jika dalam relasi itu tidak ada pasangan terurut yang memiliki absis sama. Misalkan  adalah suatu fungsi atau pemetaan dari himpunan  ke himpunan , maka fungsi  dapat dilambangkan dengan

       Misalkan  sehingga , maka  merupakan atau dari  oleh fungsi . Peta atau bayangan tersebut dapat dinyatakan  dengan  seperti terlihat pada gambar 2.3 di atas. Dengan demikian, suatu fingsi  dapat ditulis sebagai
       Misalkan, , maka
a.       daerah asal (domain) fungsi  adalah himpunan  dan dilambangkan dengan .
b.      Daerah kawan (kodomain) fungsi  adalah himpunan  dan dlambangkan dengan  dan
c.       Daerah hasil (range) fungsi  adalah himpunan dari semua peta  di  dan dilambangkan dengan
2. berbagai jenis fungsi
a. fungsi aljabar sederhana
1. fungsi konstan
     Definisi
     Fungsi  merupakan fungsi konstan jika untuk setiap  bilangan real dan  suatu konstanta, berlaku .
2. fungsi identitas
     Definisi
     Fungsi  merupakan fungsi identitas jika untuk setiap  berlaku . Fungsi dinotasikan dengan I.
3. fungsi linear
     Definisi
     Fungsi  merupakan fungsi linear jika untuk setiap  berlaku  dengan  dan
b. fungsi kuadrat
   misalkan  adalah himpunan bilangan real. Suatu fungsi  dengan  merupakan fungsi kuadrat jika  ditentukan oleh  dengan  dan . Grafik fungsi kuadrat berbentuk parabola. 

A. Model dan metode pembelajaran
Model pembelajaran : kooperatif tipe Numberes Head Together
Metode pembelajaran : - diskusi              
 - tanya jawab
 - penugasan/pemberian tugas
B.    Sumber Pembelajaran
Buku Mathematics for senior high school year X Bilingual karangan Yudistira.
C.    Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan pertama
Waktu : 2 x 45 menit
No
Kegiatan pendidik
Kegiatan peserta didik
Waktu
1
Pendahuluan
- Pendidik memperhatikan Kehadiran Peserta didik (NK:Peduli Sosial)
-Guru meminta siswa untuk berdoa(NK : religius)
- Pendidik mengingatkan kembali tentang himpunan
- pendidik memotivasi peserta didik Apabila konsep dari materi yang dipelajari dapat dipahami, maka  Peserta Didik dapat mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari (NK:rasa ingin tahu)
- Pendidik memberikan informasi kepada Peserta Didik tentang materi yang akan mereka pelajari,dan tujuan pembelajaran (NK: rasa ingin tahu)
- Pendidik Mensosialiasakan kepada peserta didik tentang model pembelajaran yang digunakan dengan tujuan agar Peserta Didik mengenal dan memahamimya.(NK: Rasa ingin tahu)


-Peserta didik duduk dengan tenang(NK: menghargai)

- Peserta didik memimpin do’a (NK: Religius)
-peserta didik mengingat kembali tentang himpunan
-Peserta didik mendengarkan (NK : rasa ingin tahu)





- peserta didik mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari pendidik (NK : menghargai)

- peserta didik mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari pendidik (NK : menghargai) 
10 menit
2
Kegiatan inti
Eksplorasi
- pendidk membentuk Peserta Didik kedalam  beberapa kelompok dimana kelompok terdiri dari 4-5 orang yang sudah direncanakan (NK: Demokratis)
- pendidik meminta peserta didik duduk pada kelompok masing-masing, memilih dan memasangkan topi bernomor di kepala siswa, dengan masing-masing siswa memiliki nomor yang berbeda dalam satu kelompok
Elaborasi
-p-pendidik memberikan LKS 1 yang berisikan materi sebagai bahan diskusi kepada masing-masing kelompok. (NK:Disiplin)
- Pendidik memberikan kesempatan kepada Peserta Didik untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam LKS dengan waktu yang ditentukan, Peserta Didik diharapkan bekerja secara individu tetapi tidak menutup kemungkinan mereka saling bertukar pikiran dengan anggota yang lainnya dalam Kelompok.
- Pendidik memantau kerja dari tiap kelompok dan membimbing Peserta Didik yang mengalami kesulitan.
konfirmasi
-pendidik meminta peserta didik yang nomor dan kelompok yang terpilih, untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok didepan kelas.
Jika nomor dan kelompok mendapatkan kendala dalam mempresentasikan, pendidik meminta peserta didik dengan nomor yang sama pada kelompok lain untuk melengkapi jawaban.
- Pendidik memberikan umpan balik/ mengkonfirmasi jawaban peserta didik (NK: Menghargai prestasi)
-Setelah diskusi Pendidik Memeriksa hasil diskusi atas jawaban kelompok dalam diskusi (NK:Tanggung jawab)

Eksplorasi
- Peserta didik membentuk kelompok yang telah direncanakan oleh pendidik. (NK:Menghargai, tanggung jawab, disiplin, demokratis)

- peserta didik duduk dalam kelompok masing-masing dengan tertib , serta memasangkan topi dengan benar.



Elaborasi
- peserta didik menerima LKS yang diberikan (NK:Disiplin)


- Peserta didik mengerjakan dan mendiskusikan LKS yang diberikan oleh pendidik dalam waktu 15 menit.
  (NK: Tanggung jawab, disiplin)





- peserta didik berdiskusi dibawah bimbingan pendidik (NK: bertanggungjawab).

konfirmasi
- peserta didik yang terpilih mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok lain memdegarkan dan memperhatikan dengan serius (NK : menghargai)






-peserta didik mengikuti proses diskusi dengan serius (NK: Menghargai prestasi)

- peserta didik mengumpulkan hasil diskusi
(NK:Tanggung jawab)


10 menit













25 menit


















30 menit
3
Penutup
- Pendidik memberi penghargaan kepada kelompok yang terbaik (NK: Menghargai Prestasi)
- Pendidik memberikan Kuis (NK:rasa Ingin Tahu)
 


- Pendidik mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini dengan mengucapkan  hamdalah (NK: Religius)
Penutup
-peserta didik mendengarkan
(NK: Menghargai Prestasi)

- Peserta didik menjawab Pertanyaan dari pendidik yang tidak saling membantu satu sama lain (NK: Tanggung jawab)
-peserta didik mengucapkan hadalah (NK: Religius)

15 menit

D. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Menyatakan notasi himpunan.


Ø  Membedakan himpunan kosong dan nol serta notasinya.

Tes tertulis



Tes lisan




Tes uraian



Daftar Pertanyaan




1. Nyatakan dalam  notasi himpunan: himpunan bilangan asli kurang dari 6
2. Manakah yang merupakan himpunan kosong? 0 atau {0} atau  atau .


VI. Pedoman Penilaian

Nomor soal
A
B
C
Skor maksimum
2
2
2
Skor minimum




                                    Nilai (N ) =
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………….



( ......................................................... )
NIP/NIK :…………..……………….

........., ......, ............... 20...
Pendidik Mapel Matematika.



( ...........................................)
NIP/NIK :…….…………….

























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I.     Identitas
Satuan pendidikan              : SMA
Mata pelajaran                    : Matematika
Kelas/semester                    : X/I
Jumlah pertemuan              : 2 X 45 menit (1 Pertemuan)
Standar kompetensi    :
     2. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat  serta pertidaksamaan   kuadrat.
Kompetensi dasar       :
 2.2 .   Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat.
Indikator                     :
Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana (fungsi konstan, fungsi identitas, fungsi modulus, fungsi linear), dan fungsi kuadrat.
Tujuan Pembelajaran  :
Siswa dapat menggambar grafik fungsi aljabar sederhana (fungsi konstan, fungsi identitas, fungsi modulus, fungsi linear), dan fungsi kuadrat.

II.  Materi Ajar
1. menggambarkan grafik fungsi aljabar sederhana
     a. fungsi konstan
fungsi konstan , apabila digambarkan pada bidang cartesius, grafik fungsi  merupakan garis lurus yang sejajar dengan sumbu X dan memotong sumbu Y dititik . Persamaan garis lurus tersebut adalah .
          b. fungsi identitas
              misalkan  meruapakan suatu fungsi dengan  untuk setiap         .
1.    Tentukan dan       dengan ,
2.    Tentukan dearah hasil fungsi tersebut.
3.    Lukiskan grafik fungsi tersebut pada bidang cartesius.
Jawab
1. Diketahui bahwa  untuk setiap , yang berarti  merupakan fungsi identitas. Berdasarkan definisi fungsi identitas. Berdasarkan definisi fungsi identitas, yaitu  maka
     dan
2. Karena  yang berarti untuk setiap anggota daerah asal fungsi dipetakan dengan dirinya, maka daerah hasil fungsi  adalah .
3. Gambar  diatas menunjukan grafik fungsi  yang berupa garis lurus dengan persamaan
            c. fungsi linear
       Lukislah grafik fungsi  yang ditentukan oleh .
Fungsi  . Merupakan fungsi linear sehingga grafiknya merupakan garis lurus dengan persamaan . Untuk melukiskan grafik fungsi tersebut, kita dapat menggunakan langkah-langkah berikut :
1.      pilihlah beberapa nilai x yang merupakan bilangan bulat .
2.      tentukan nilai fungsi untuk setiap nilai x yang dipilih. Perhatiakn table berikut :

          Dari tabel tersebut diperoleh beberapa pasangan terurut , pasangan-pasangan terurut tersebut kita gambar pada bidang cartesius sebagai titik-titik. Karena , grafik fungsi linear  diperoleh dengan menghubungkan titik-titik tersebut dengan suatu garis lurus sehingga diperoleh persamaan grafiknya sebagai  seperti ditunjukan oleh gambar berikut :
2. menggambar grafik fungsi kuadrat
              Untuk membuat sketsa grafik fungsi kuadrat secara umum dapat ditempuh langkah-langkah berikut :
A. titik potong grafik dengan sumbu koordinat
1. titik potong dengan sumbu
Titik potong dengan sumbu  diperoleh jika . Dengan demikian, didapatkan . Absis titik potong dengan sumbu , diperoleh dari akar-akar persamaan kuadrat tersebut. Banyaknya titik potong dengan sumbu  tergantung pada nilai diskriminannya yaitu .
a. jika , maka grafik memotong sumbu  di dua titik yang berbeda.
b. jika , maka grafik menyinggung sumbu .
c. jika , maka grafik tidak memotong atau menyinggung sumbu .
2. titik potong dengan sumbu
Titik potong dengan sumbu  diperoleh jika , dengan demikian, didaptkan . Jadi, titik potong grafik  dengan sumbu  adalah  dan posisi titik potongnya dengan sumbu  secara otomatis bergantumg kepada nilai .
a. jika , maka grafik memotong sumbu  positif.
b. jika , maka grafik melalui titik pusat
c. jika , maka grafik memotong sumbu  negatif.
B. sumbu simetri
Sumbu simetri dari parabola  adalah
C. nilai maksimum atau minimum fungsi
Fungsi  mempunyai nilai minimum jika  dan mempunyai nilai maksimum jika . Nilai maksimum atau nminimum  ditentukan oleh rumus
D. koordinat titik puncak
     Koordinat titik puncak parabola yang ditentukan oleh fungsi  .



A.       Model  dan metode pembelajaran
Model pembelajaran : kooperatif tipe Numberes Head Together
Metode pembelajaran : - diskusi
- tanya jawab
 - penugasan/pemberian tugas
B.    Sumber Pembelajaran
Buku Mathematics for senior high school year X Bilingual karangan Yudistira.

C.    Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan pertama
Waktu : 2 x 45 menit
No
Kegiatan pendidik
Kegiatan peserta didik
Waktu
1
Pendahuluan
- Pendidik memperhatikan Kehadiran Peserta didik (NK:Peduli Sosial)
-Guru meminta siswa untuk berdoa(NK : religius)
- Pendidik mengingatkan kembali tentang himpunan
- pendidik memotivasi peserta didik Apabila konsep dari materi yang dipelajari dapat dipahami, maka  Peserta Didik dapat mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari (NK:rasa ingin tahu)
- Pendidik memberikan informasi kepada Peserta Didik tentang materi yang akan mereka pelajari,dan tujuan pembelajaran (NK: rasa ingin tahu)
- Pendidik Mensosialiasakan kepada peserta didik tentang model pembelajaran yang digunakan dengan tujuan agar Peserta Didik mengenal dan memahamimya.(NK: Rasa ingin tahu)


-Peserta didik duduk dengan tenang(NK: menghargai)

- Peserta didik memimpin do’a (NK: Religius)
-peserta didik mengingat kembali tentang himpunan
-Peserta didik mendengarkan (NK : rasa ingin tahu)





- peserta didik mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari pendidik (NK : menghargai)

- peserta didik mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari pendidik (NK : menghargai) 
10 menit
2
Kegiatan inti
Eksplorasi
- pendidk membentuk Peserta Didik kedalam  beberapa kelompok dimana kelompok terdiri dari 4-5 orang yang sudah direncanakan (NK: Demokratis)
- pendidik meminta peserta didik duduk pada kelompok masing-masing, memilih dan memasangkan topi bernomor di kepala siswa, dengan masing-masing siswa memiliki nomor yang berbeda dalam satu kelompok
Elaborasi
-p-pendidik memberikan LKS 1 yang berisikan materi sebagai bahan diskusi kepada masing-masing kelompok. (NK:Disiplin)
- Pendidik memberikan kesempatan kepada Peserta Didik untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam LKS dengan waktu yang ditentukan, Peserta Didik diharapkan bekerja secara individu tetapi tidak menutup kemungkinan mereka saling bertukar pikiran dengan anggota yang lainnya dalam Kelompok.
- Pendidik memantau kerja dari tiap kelompok dan membimbing Peserta Didik yang mengalami kesulitan.
konfirmasi
-pendidik meminta peserta didik yang nomor dan kelompok yang terpilih, untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok didepan kelas.
Jika nomor dan kelompok mendapatkan kendala dalam mempresentasikan, pendidik meminta peserta didik dengan nomor yang sama pada kelompok lain untuk melengkapi jawaban.
- Pendidik memberikan umpan balik/ mengkonfirmasi jawaban peserta didik (NK: Menghargai prestasi)
-Setelah diskusi Pendidik Memeriksa hasil diskusi atas jawaban kelompok dalam diskusi (NK:Tanggung jawab)

Eksplorasi
- Peserta didik membentuk kelompok yang telah direncanakan oleh pendidik. (NK:Menghargai, tanggung jawab, disiplin, demokratis)

- peserta didik duduk dalam kelompok masing-masing dengan tertib , serta memasangkan topi dengan benar.



Elaborasi
- peserta didik menerima LKS yang diberikan (NK:Disiplin)


- Peserta didik mengerjakan dan mendiskusikan LKS yang diberikan oleh pendidik dalam waktu 15 menit.
  (NK: Tanggung jawab, disiplin)





- peserta didik berdiskusi dibawah bimbingan pendidik (NK: bertanggungjawab).

konfirmasi
- peserta didik yang terpilih mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok lain memdegarkan dan memperhatikan dengan serius (NK : menghargai)






-peserta didik mengikuti proses diskusi dengan serius (NK: Menghargai prestasi)

- peserta didik mengumpulkan hasil diskusi
(NK:Tanggung jawab)


10 menit













25 menit


















30 menit
3
Penutup
- Pendidik memberi penghargaan kepada kelompok yang terbaik (NK: Menghargai Prestasi)
- Pendidik memberikan Kuis (NK:rasa Ingin Tahu)
 


- Pendidik mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini dengan mengucapkan  hamdalah (NK: Religius)
Penutup
-peserta didik mendengarkan
(NK: Menghargai Prestasi)

- Peserta didik menjawab Pertanyaan dari pendidik yang tidak saling membantu satu sama lain (NK: Tanggung jawab)
-peserta didik mengucapkan hadalah (NK: Religius)

15 menit

D. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Menyatakan notasi himpunan.


Ø  Membedakan himpunan kosong dan nol serta notasinya.

Tes tertulis



Tes lisan




Tes uraian



Daftar Pertanyaan




1. Nyatakan dalam  notasi himpunan: himpunan bilangan asli kurang dari 6
2. Manakah yang merupakan himpunan kosong? 0 atau {0} atau  atau .



VI. Pedoman Penilaian

Nomor soal
A
B
C
Skor maksimum
2
2
2
Skor minimum




                                    Nilai (N ) =
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………….



( ......................................................... )
NIP/NIK :…………..……………….

........., ......, ............... 20...
Pendidik Mapel Matematika.



( ...........................................)
NIP/NIK :…….…………….













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I.     Identitas
Satuan pendidikan              : SMA
Mata pelajaran                    : Matematika
Kelas/semester                    : X/I
Jumlah pertemuan              : 2 X 45 menit (1 Pertemuan)
Standar kompetensi    :
     2. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat  serta pertidaksamaan   kuadrat.
Kompetensi dasar       :
 2.3 . Menggunakan sifat dan aturan tentang persamaan dan pertidaksamaan kuadrat.  
Indikator                     :
     Persamaan kuadrat dan penyelesaian- nya.
Tujuan Pembelajaran  :
    Persamaan kuadrat dan penyelesaian- nya.
II.  Materi Ajar
1. persamaan kuadrat
A. bentuk umum persamaan kuadrat
Definisi
Bentuk umum persamaan kuadrat dalam variable  dapat dinyatakan dengan
Dengan  dan  dan ,  disebut koefisien , b koefisien , dan  disebut konstanta
B. menyelesaikan persamaan kuadrat
   1. menyelesaikan persamaan kuadrat dengan cara memfaktorkan
a. memfaktorkan bentuk  dengan
untuk memfaktorkan bentuk , diperlukan nilai  dan  yang memenuhi  dan  . Secara umum dapat ditulis sebagai berikut
Dengan  dan 
b. menggunakan jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan
untuk memfaktorkan bentuk . Diperlukan nilai  dan  yang memenuhi  dan  . Secara umum dapat dituliskan sebagai berikut
Dengan  dan 
2. menyelesaikan persamaan kuadrat dengan cara melengkapkan kuadrat
Penyelesaian dengan melengkapkan bentuk kuadrat dilakukan dengan cara mengubah bentuk  ke bentuk . Hal yang mendasari peggunaan cara ini adalah dengan mengubah ruas kiri persamaan , , menjadi bentuk kuadrat sempurna
Contoh :
Dengan melengkapkan kuadrat, tentukan penyelesaian dari persamaan 
Jawab :
Mul-mula pindahkan konstanta  ke ruas kanan, sehingga , kemudian kedua ruas dengan , sehingga diperoleh :
  
 
 
  atau
3. menyelesaikan persamaan kuadrat dengan menggunakan rumus kuadrat
Jika  dan  adalah akar-akar persamaan kuadrat  dengan . Maka nilai dan  dapat ditentukan dengan rumus sebagai berikut :


A.       Model dan metode pembelajaran
Model pembelajaran : kooperatif tipe Numberes Head Together
Metode pembelajaran : - diskusi
 - tanya jawab
 - penugasan/pemberian tugas
B.     Sumber Pembelajaran
Buku Mathematics for senior high school year X Bilingual karangan Yudistira.

C.    Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan pertama
Waktu : 2 x 45 menit
No
Kegiatan pendidik
Kegiatan peserta didik
Waktu
1
Pendahuluan
- Pendidik memperhatikan Kehadiran Peserta didik (NK:Peduli Sosial)
-Guru meminta siswa untuk berdoa(NK : religius)
- Pendidik mengingatkan kembali tentang himpunan
- pendidik memotivasi peserta didik Apabila konsep dari materi yang dipelajari dapat dipahami, maka  Peserta Didik dapat mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari (NK:rasa ingin tahu)
- Pendidik memberikan informasi kepada Peserta Didik tentang materi yang akan mereka pelajari,dan tujuan pembelajaran (NK: rasa ingin tahu)
- Pendidik Mensosialiasakan kepada peserta didik tentang model pembelajaran yang digunakan dengan tujuan agar Peserta Didik mengenal dan memahamimya.(NK: Rasa ingin tahu)


-Peserta didik duduk dengan tenang(NK: menghargai)

- Peserta didik memimpin do’a (NK: Religius)
-peserta didik mengingat kembali tentang himpunan
-Peserta didik mendengarkan (NK : rasa ingin tahu)





- peserta didik mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari pendidik (NK : menghargai)

- peserta didik mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari pendidik (NK : menghargai) 
10 menit
2
Kegiatan inti
Eksplorasi
- pendidk membentuk Peserta Didik kedalam  beberapa kelompok dimana kelompok terdiri dari 4-5 orang yang sudah direncanakan (NK: Demokratis)
- pendidik meminta peserta didik duduk pada kelompok masing-masing, memilih dan memasangkan topi bernomor di kepala siswa, dengan masing-masing siswa memiliki nomor yang berbeda dalam satu kelompok
Elaborasi
-p-pendidik memberikan LKS 1 yang berisikan materi sebagai bahan diskusi kepada masing-masing kelompok. (NK:Disiplin)
- Pendidik memberikan kesempatan kepada Peserta Didik untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam LKS dengan waktu yang ditentukan, Peserta Didik diharapkan bekerja secara individu tetapi tidak menutup kemungkinan mereka saling bertukar pikiran dengan anggota yang lainnya dalam Kelompok.
- Pendidik memantau kerja dari tiap kelompok dan membimbing Peserta Didik yang mengalami kesulitan.
konfirmasi
-pendidik meminta peserta didik yang nomor dan kelompok yang terpilih, untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok didepan kelas.
Jika nomor dan kelompok mendapatkan kendala dalam mempresentasikan, pendidik meminta peserta didik dengan nomor yang sama pada kelompok lain untuk melengkapi jawaban.
- Pendidik memberikan umpan balik/ mengkonfirmasi jawaban peserta didik (NK: Menghargai prestasi)
-Setelah diskusi Pendidik Memeriksa hasil diskusi atas jawaban kelompok dalam diskusi (NK:Tanggung jawab)

Eksplorasi
- Peserta didik membentuk kelompok yang telah direncanakan oleh pendidik. (NK:Menghargai, tanggung jawab, disiplin, demokratis)

- peserta didik duduk dalam kelompok masing-masing dengan tertib , serta memasangkan topi dengan benar.



Elaborasi
- peserta didik menerima LKS yang diberikan (NK:Disiplin)


- Peserta didik mengerjakan dan mendiskusikan LKS yang diberikan oleh pendidik dalam waktu 15 menit.
  (NK: Tanggung jawab, disiplin)





- peserta didik berdiskusi dibawah bimbingan pendidik (NK: bertanggungjawab).

konfirmasi
- peserta didik yang terpilih mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok lain memdegarkan dan memperhatikan dengan serius (NK : menghargai)






-peserta didik mengikuti proses diskusi dengan serius (NK: Menghargai prestasi)

- peserta didik mengumpulkan hasil diskusi
(NK:Tanggung jawab)


10 menit













25 menit


















30 menit
3
Penutup
- Pendidik memberi penghargaan kepada kelompok yang terbaik (NK: Menghargai Prestasi)
- Pendidik memberikan Kuis (NK:rasa Ingin Tahu)
 


- Pendidik mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini dengan mengucapkan  hamdalah (NK: Religius)
Penutup
-peserta didik mendengarkan
(NK: Menghargai Prestasi)

- Peserta didik menjawab Pertanyaan dari pendidik yang tidak saling membantu satu sama lain (NK: Tanggung jawab)
-peserta didik mengucapkan hadalah (NK: Religius)

15 menit

D. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Menyatakan notasi himpunan.


Ø  Membedakan himpunan kosong dan nol serta notasinya.

Tes tertulis



Tes lisan




Tes uraian



Daftar Pertanyaan




1. Nyatakan dalam  notasi himpunan: himpunan bilangan asli kurang dari 6
2. Manakah yang merupakan himpunan kosong? 0 atau {0} atau  atau .


VI. Pedoman Penilaian

Nomor soal
A
B
C
Skor maksimum
2
2
2
Skor minimum




                                    Nilai (N ) =
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………….



( ......................................................... )
NIP/NIK :…………..……………….

........., ......, ............... 20...
Pendidik Mapel Matematika.



( ...........................................)
NIP/NIK :…….…………….













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I.     Identitas
Satuan pendidikan              : SMA
Mata pelajaran                    : Matematika
Kelas/semester                    : X/I
Jumlah pertemuan              : 2 X 45 menit (1 Pertemuan)
Standar kompetensi    :
     2. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat  serta pertidaksamaan   kuadrat.
Kompetensi dasar       :
 2.3 . Menggunakan sifat dan aturan tentang persamaan dan pertidaksamaan kuadrat.  
Indikator                     :
Menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat.
Tujuan Pembelajaran  :
Siswa dapat menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat

II.  Materi Ajar
1. pertidaksamaan kuadrat
A. pengertian pertidaksamaan kuadrat
Definisi
Pertidaksamaan kuadrat didefinisikan sebagai pertidaksamaan memuat variable dengan pengkat tertinggi 2 (dua). Bentuk umum pertidaksamaan kuadrat adalah sebagai berikut
Dengan  dan  dan

B. menyelesaikan pertidaksamaan kuadrat
Untuk menyelesaikan pertidaksamaan kuadrat dapat digunakan langkah-langkah:
1.    ubah pertidaksamaan kuadrat ke dalam bentuk baku atau bentuk   persamaan kuadrat yang berpadanan yaitu dengan mengubah ruas kanan menjadi sama dengan nol
2.    tentukan nilai pembuat nol atau akar-akar persamaan kuadrat yang bersesuaian sebagai batas-batas penyelesaian.
3.    lukiskan nilai pembuat nol yang diperoleh pada garis bilangan
4.    subsitusikan sembarang bilangan pada pertidaksamaan untuk menentukan tanda interval pada masing-masing bagian interval pada garis bilangan
5.    interval yang memiliki tanda yang sesuai dengan tanda pertidaksamaan merupakan himpunan penyelesaian yang dicari.

A.       Model dan metode pembelajaran
Model pembelajaran : kooperatif tipe Numberes Head Together
Metode pembelajaran : - diskusi
 - tanya jawab
 - penugasan/pemberian tugas
B.     Sumber Pembelajaran
Buku Mathematics for senior high school year X Bilingual karangan Yudistira.

C.    Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan pertama
Waktu : 2 x 45 menit
No
Kegiatan pendidik
Kegiatan peserta didik
Waktu
1
Pendahuluan
- Pendidik memperhatikan Kehadiran Peserta didik (NK:Peduli Sosial)
-Guru meminta siswa untuk berdoa(NK : religius)
- Pendidik mengingatkan kembali tentang himpunan
- pendidik memotivasi peserta didik Apabila konsep dari materi yang dipelajari dapat dipahami, maka  Peserta Didik dapat mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari (NK:rasa ingin tahu)
- Pendidik memberikan informasi kepada Peserta Didik tentang materi yang akan mereka pelajari,dan tujuan pembelajaran (NK: rasa ingin tahu)
- Pendidik Mensosialiasakan kepada peserta didik tentang model pembelajaran yang digunakan dengan tujuan agar Peserta Didik mengenal dan memahamimya.(NK: Rasa ingin tahu)


-Peserta didik duduk dengan tenang(NK: menghargai)

- Peserta didik memimpin do’a (NK: Religius)
-peserta didik mengingat kembali tentang himpunan
-Peserta didik mendengarkan (NK : rasa ingin tahu)





- peserta didik mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari pendidik (NK : menghargai)

- peserta didik mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari pendidik (NK : menghargai) 
10 menit
2
Kegiatan inti
Eksplorasi
- pendidk membentuk Peserta Didik kedalam  beberapa kelompok dimana kelompok terdiri dari 4-5 orang yang sudah direncanakan (NK: Demokratis)
- pendidik meminta peserta didik duduk pada kelompok masing-masing, memilih dan memasangkan topi bernomor di kepala siswa, dengan masing-masing siswa memiliki nomor yang berbeda dalam satu kelompok
Elaborasi
-p-pendidik memberikan LKS 1 yang berisikan materi sebagai bahan diskusi kepada masing-masing kelompok. (NK:Disiplin)
- Pendidik memberikan kesempatan kepada Peserta Didik untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam LKS dengan waktu yang ditentukan, Peserta Didik diharapkan bekerja secara individu tetapi tidak menutup kemungkinan mereka saling bertukar pikiran dengan anggota yang lainnya dalam Kelompok.
- Pendidik memantau kerja dari tiap kelompok dan membimbing Peserta Didik yang mengalami kesulitan.
konfirmasi
-pendidik meminta peserta didik yang nomor dan kelompok yang terpilih, untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok didepan kelas.
Jika nomor dan kelompok mendapatkan kendala dalam mempresentasikan, pendidik meminta peserta didik dengan nomor yang sama pada kelompok lain untuk melengkapi jawaban.
- Pendidik memberikan umpan balik/ mengkonfirmasi jawaban peserta didik (NK: Menghargai prestasi)
-Setelah diskusi Pendidik Memeriksa hasil diskusi atas jawaban kelompok dalam diskusi (NK:Tanggung jawab)

Eksplorasi
- Peserta didik membentuk kelompok yang telah direncanakan oleh pendidik. (NK:Menghargai, tanggung jawab, disiplin, demokratis)

- peserta didik duduk dalam kelompok masing-masing dengan tertib , serta memasangkan topi dengan benar.



Elaborasi
- peserta didik menerima LKS yang diberikan (NK:Disiplin)


- Peserta didik mengerjakan dan mendiskusikan LKS yang diberikan oleh pendidik dalam waktu 15 menit.
  (NK: Tanggung jawab, disiplin)





- peserta didik berdiskusi dibawah bimbingan pendidik (NK: bertanggungjawab).

konfirmasi
- peserta didik yang terpilih mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok lain memdegarkan dan memperhatikan dengan serius (NK : menghargai)






-peserta didik mengikuti proses diskusi dengan serius (NK: Menghargai prestasi)

- peserta didik mengumpulkan hasil diskusi
(NK:Tanggung jawab)


10 menit













25 menit


















30 menit
3
Penutup
- Pendidik memberi penghargaan kepada kelompok yang terbaik (NK: Menghargai Prestasi)
- Pendidik memberikan Kuis (NK:rasa Ingin Tahu)
 


- Pendidik mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini dengan mengucapkan  hamdalah (NK: Religius)
Penutup
-peserta didik mendengarkan
(NK: Menghargai Prestasi)

- Peserta didik menjawab Pertanyaan dari pendidik yang tidak saling membantu satu sama lain (NK: Tanggung jawab)
-peserta didik mengucapkan hadalah (NK: Religius)

15 menit


D. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Menyatakan notasi himpunan.


Ø  Membedakan himpunan kosong dan nol serta notasinya.

Tes tertulis



Tes lisan




Tes uraian



Daftar Pertanyaan




1. Nyatakan dalam  notasi himpunan: himpunan bilangan asli kurang dari 6
2. Manakah yang merupakan himpunan kosong? 0 atau {0} atau  atau
VI. Pedoman Penilaian
Nomor soal
A
B
C
Skor maksimum
2
2
2
Skor minimum




                                    Nilai (N ) =
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………….



( ......................................................... )
NIP/NIK :…………..……………….

........., ......, ............... 20...
Pendidik Mapel Matematika.



( ...........................................)
NIP/NIK :…….…………….

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I.     Identitas
Satuan pendidikan              : SMA
Mata pelajaran                    : Matematika
Kelas/semester                    : X/I
Jumlah pertemuan              : 2 X 45 menit (1 Pertemuan)
Standar kompetensi    :
     2. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat  serta pertidaksamaan   kuadrat.
Kompetensi dasar       :
 2.3 . Menggunakan sifat dan aturan tentang persamaan dan pertidaksamaan kuadrat.  
Indikator                   :
Menggunakan diskriminan dalam pemecahan masalah persamaan kuadrat.
Tujuan Pembelajaran  :
Siswa dapat menggunakan diskriminan dalam pemecahan masalah persamaan kuadrat.

II.  Materi Ajar
 Diskriminan
Diskriminan dilambangkan dengan , dengan . Berdasarkan nilai diskriminannya, jenis-jenis akar persamaan kuadrat dapat dibedakan menjadi 3 yaitu :
a.       Jika nilai , maka persamaan kuadrat mempunyai dua akar nyata (real) yang berlainan.
1.      Untuk nilai  berbentuk kuadrat sempurna  dengan  rasional , maka kedua akar persamaan kuadrat tersebut adalah
2.      Untuk nilai  bukan merupakan kuadrat sempurna, maka kedua akar persamaan tersebut adalah
b.      Jika nilai , maka persamaan kuadrat mempunyai dua akar nyata (real) yang sama
c.       Jika nilai , maka persamaan kuadrat tidak mempunyai akar nyata (real) atau akar-akarnya merupakan bilangan imajiner.
A.       Model dan metode pembelajaran
Model pembelajaran : kooperatif tipe Numberes Head Together
Metode pembelajaran : - diskusi
 - tanya jawab
 - penugasan/pemberian tugas
B.     Sumber Pembelajaran
Buku Mathematics for senior high school year X Bilingual karangan Yudistira.

C.    Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan pertama
Waktu : 2 x 45 menit
No
Kegiatan pendidik
Kegiatan peserta didik
Waktu
1
Pendahuluan
- Pendidik memperhatikan Kehadiran Peserta didik (NK:Peduli Sosial)
-Guru meminta siswa untuk berdoa(NK : religius)
- Pendidik mengingatkan kembali tentang himpunan
- pendidik memotivasi peserta didik Apabila konsep dari materi yang dipelajari dapat dipahami, maka  Peserta Didik dapat mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari (NK:rasa ingin tahu)
- Pendidik memberikan informasi kepada Peserta Didik tentang materi yang akan mereka pelajari,dan tujuan pembelajaran (NK: rasa ingin tahu)
- Pendidik Mensosialiasakan kepada peserta didik tentang model pembelajaran yang digunakan dengan tujuan agar Peserta Didik mengenal dan memahamimya.(NK: Rasa ingin tahu)


-Peserta didik duduk dengan tenang(NK: menghargai)

- Peserta didik memimpin do’a (NK: Religius)
-peserta didik mengingat kembali tentang himpunan
-Peserta didik mendengarkan (NK : rasa ingin tahu)





- peserta didik mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari pendidik (NK : menghargai)

- peserta didik mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari pendidik (NK : menghargai) 
10 menit
2
Kegiatan inti
Eksplorasi
- pendidk membentuk Peserta Didik kedalam  beberapa kelompok dimana kelompok terdiri dari 4-5 orang yang sudah direncanakan (NK: Demokratis)
- pendidik meminta peserta didik duduk pada kelompok masing-masing, memilih dan memasangkan topi bernomor di kepala siswa, dengan masing-masing siswa memiliki nomor yang berbeda dalam satu kelompok
Elaborasi
-p-pendidik memberikan LKS 1 yang berisikan materi sebagai bahan diskusi kepada masing-masing kelompok. (NK:Disiplin)
- Pendidik memberikan kesempatan kepada Peserta Didik untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam LKS dengan waktu yang ditentukan, Peserta Didik diharapkan bekerja secara individu tetapi tidak menutup kemungkinan mereka saling bertukar pikiran dengan anggota yang lainnya dalam Kelompok.
- Pendidik memantau kerja dari tiap kelompok dan membimbing Peserta Didik yang mengalami kesulitan.
konfirmasi
-pendidik meminta peserta didik yang nomor dan kelompok yang terpilih, untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok didepan kelas.
Jika nomor dan kelompok mendapatkan kendala dalam mempresentasikan, pendidik meminta peserta didik dengan nomor yang sama pada kelompok lain untuk melengkapi jawaban.
- Pendidik memberikan umpan balik/ mengkonfirmasi jawaban peserta didik (NK: Menghargai prestasi)
-Setelah diskusi Pendidik Memeriksa hasil diskusi atas jawaban kelompok dalam diskusi (NK:Tanggung jawab)

Eksplorasi
- Peserta didik membentuk kelompok yang telah direncanakan oleh pendidik. (NK:Menghargai, tanggung jawab, disiplin, demokratis)

- peserta didik duduk dalam kelompok masing-masing dengan tertib , serta memasangkan topi dengan benar.



Elaborasi
- peserta didik menerima LKS yang diberikan (NK:Disiplin)


- Peserta didik mengerjakan dan mendiskusikan LKS yang diberikan oleh pendidik dalam waktu 15 menit.
  (NK: Tanggung jawab, disiplin)





- peserta didik berdiskusi dibawah bimbingan pendidik (NK: bertanggungjawab).

konfirmasi
- peserta didik yang terpilih mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok lain memdegarkan dan memperhatikan dengan serius (NK : menghargai)






-peserta didik mengikuti proses diskusi dengan serius (NK: Menghargai prestasi)

- peserta didik mengumpulkan hasil diskusi
(NK:Tanggung jawab)


10 menit













25 menit


















30 menit
3
Penutup
- Pendidik memberi penghargaan kepada kelompok yang terbaik (NK: Menghargai Prestasi)
- Pendidik memberikan Kuis (NK:rasa Ingin Tahu)
 


- Pendidik mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini dengan mengucapkan  hamdalah (NK: Religius)
Penutup
-peserta didik mendengarkan
(NK: Menghargai Prestasi)

- Peserta didik menjawab Pertanyaan dari pendidik yang tidak saling membantu satu sama lain (NK: Tanggung jawab)
-peserta didik mengucapkan hadalah (NK: Religius)

15 menit

D. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Menyatakan notasi himpunan.


Ø  Membedakan himpunan kosong dan nol serta notasinya.

Tes tertulis



Tes lisan




Tes uraian



Daftar Pertanyaan




1. Nyatakan dalam  notasi himpunan: himpunan bilangan asli kurang dari 6
2. Manakah yang merupakan himpunan kosong? 0 atau {0} atau  atau .

VI Pedoman Penilaian

Nomor soal
A
B
C
Skor maksimum
2
2
2
Skor minimum




                                    Nilai (N ) =
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………….



( ......................................................... )
NIP/NIK :…………..……………….

........., ......, ............... 20...
Pendidik Mapel Matematika.



( ...........................................)
NIP/NIK :…….…………….










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I.     Identitas
Satuan pendidikan              : SMA
Mata pelajaran                    : Matematika
Kelas/semester                    : X/I
Jumlah pertemuan              : 2 X 45 menit (1 Pertemuan)
Standar kompetensi    :
     2. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat  serta pertidaksamaan   kuadrat.
Kompetensi dasar       :
 2.3 . Menggunakan sifat dan aturan tentang persamaan dan pertidaksamaan kuadrat.  
Indikator                   :
a.         Menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat.
b.         Menentukan sifat akar dari persamaan kuadrat berdasarkan koefisien persamaan kuadrat.
Tujuan Pembelajaran  :                                        
a.         Siswa dapat menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat.
b.         Siswa dapat menentukan sifat akar dari persamaan kuadrat berdasarkan koefisien persamaan kuadrat.
II.  Materi Ajar
a. rumus jumlah dan hasil kali akar persamaan kuadrat
Jika dan  adalah akar-akar persamaan kuadrat , maka diperoleh rumus jumlah dan hasil kali akar-akarnya sebagai berikut


b. Hubungan koefisien akar dan sifat akar :
1. kedua akarnya berlawanan yaitu :  maka
2. kedua akarnya berkebalikan yaitu : , maka
3. salah satu akarnya nol yaitu , maka  dan
4. kedua akarnya sama yaitu :  ,maka  

A.       Model dan metode pembelajaran
Model pembelajaran : kooperatif tipe Numberes Head Together
Metode pembelajaran : - diskusi
 - tanya jawab
 - penugasan/pemberian tugas
B.     Sumber Pembelajaran
Buku Mathematics for senior high school year X Bilingual karangan Yudistira.

C.    Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan pertama
Waktu : 2 x 45 menit
No
Kegiatan pendidik
Kegiatan peserta didik
Waktu
1
Pendahuluan
- Pendidik memperhatikan Kehadiran Peserta didik (NK:Peduli Sosial)
-Guru meminta siswa untuk berdoa(NK : religius)
- Pendidik mengingatkan kembali tentang himpunan
- pendidik memotivasi peserta didik Apabila konsep dari materi yang dipelajari dapat dipahami, maka  Peserta Didik dapat mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari (NK:rasa ingin tahu)
- Pendidik memberikan informasi kepada Peserta Didik tentang materi yang akan mereka pelajari,dan tujuan pembelajaran (NK: rasa ingin tahu)
- Pendidik Mensosialiasakan kepada peserta didik tentang model pembelajaran yang digunakan dengan tujuan agar Peserta Didik mengenal dan memahamimya.(NK: Rasa ingin tahu)


-Peserta didik duduk dengan tenang(NK: menghargai)

- Peserta didik memimpin do’a (NK: Religius)
-peserta didik mengingat kembali tentang himpunan
-Peserta didik mendengarkan (NK : rasa ingin tahu)





- peserta didik mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari pendidik (NK : menghargai)

- peserta didik mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari pendidik (NK : menghargai) 
10 menit
2
Kegiatan inti
Eksplorasi
- pendidk membentuk Peserta Didik kedalam  beberapa kelompok dimana kelompok terdiri dari 4-5 orang yang sudah direncanakan (NK: Demokratis)
- pendidik meminta peserta didik duduk pada kelompok masing-masing, memilih dan memasangkan topi bernomor di kepala siswa, dengan masing-masing siswa memiliki nomor yang berbeda dalam satu kelompok
Elaborasi
-p-pendidik memberikan LKS 1 yang berisikan materi sebagai bahan diskusi kepada masing-masing kelompok. (NK:Disiplin)
- Pendidik memberikan kesempatan kepada Peserta Didik untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam LKS dengan waktu yang ditentukan, Peserta Didik diharapkan bekerja secara individu tetapi tidak menutup kemungkinan mereka saling bertukar pikiran dengan anggota yang lainnya dalam Kelompok.
- Pendidik memantau kerja dari tiap kelompok dan membimbing Peserta Didik yang mengalami kesulitan.
konfirmasi
-pendidik meminta peserta didik yang nomor dan kelompok yang terpilih, untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok didepan kelas.
Jika nomor dan kelompok mendapatkan kendala dalam mempresentasikan, pendidik meminta peserta didik dengan nomor yang sama pada kelompok lain untuk melengkapi jawaban.
- Pendidik memberikan umpan balik/ mengkonfirmasi jawaban peserta didik (NK: Menghargai prestasi)
-Setelah diskusi Pendidik Memeriksa hasil diskusi atas jawaban kelompok dalam diskusi (NK:Tanggung jawab)

Eksplorasi
- Peserta didik membentuk kelompok yang telah direncanakan oleh pendidik. (NK:Menghargai, tanggung jawab, disiplin, demokratis)

- peserta didik duduk dalam kelompok masing-masing dengan tertib , serta memasangkan topi dengan benar.



Elaborasi
- peserta didik menerima LKS yang diberikan (NK:Disiplin)


- Peserta didik mengerjakan dan mendiskusikan LKS yang diberikan oleh pendidik dalam waktu 15 menit.
  (NK: Tanggung jawab, disiplin)





- peserta didik berdiskusi dibawah bimbingan pendidik (NK: bertanggungjawab).

konfirmasi
- peserta didik yang terpilih mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok lain memdegarkan dan memperhatikan dengan serius (NK : menghargai)






-peserta didik mengikuti proses diskusi dengan serius (NK: Menghargai prestasi)

- peserta didik mengumpulkan hasil diskusi
(NK:Tanggung jawab)


10 menit













25 menit


















30 menit
3
Penutup
- Pendidik memberi penghargaan kepada kelompok yang terbaik (NK: Menghargai Prestasi)
- Pendidik memberikan Kuis (NK:rasa Ingin Tahu)
 


- Pendidik mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini dengan mengucapkan  hamdalah (NK: Religius)
Penutup
-peserta didik mendengarkan
(NK: Menghargai Prestasi)

- Peserta didik menjawab Pertanyaan dari pendidik yang tidak saling membantu satu sama lain (NK: Tanggung jawab)
-peserta didik mengucapkan hadalah (NK: Religius)

15 menit

D. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Menyatakan notasi himpunan.


Ø  Membedakan himpunan kosong dan nol serta notasinya.

Tes tertulis



Tes lisan




Tes uraian



Daftar Pertanyaan




1. Nyatakan dalam  notasi himpunan: himpunan bilangan asli kurang dari 6
2. Manakah yang merupakan himpunan kosong? 0 atau {0} atau  atau .

VI. Pedoman Penilaian

Nomor soal
A
B
C
Skor maksimum
2
2
2
Skor minimum




                                    Nilai (N ) =
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………….



( ......................................................... )
NIP/NIK :…………..……………….

........., ......, ............... 20...
Pendidik Mapel Matematika.



( ...........................................)
NIP/NIK :…….…………….








Tidak ada komentar:

Posting Komentar