SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas / Program : X / UMUM
Semester : GANJIL
Sandar Kompetensi: 1. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan
logaritma
Kompetensi Dasar
|
Materi Ajar
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber /Bahan/ Alat
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||||
1.1.
Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma.
|
Bentuk Pangkat, Akar, dan Logaritma.
- Sifat -
sifat bila-ngan berpangkat dengan pangkat bulat positif, pangkat bulat negatif, dan nol.
|
“ Rasa ingin tahu
“ Mandiri
“ Kreatif
“ Kerja keras
|
“ Berorientasi tugas dan
hasil
“ Percaya diri
“ Keorisinilan
|
- Memberikan
contoh bentuk perkalian berulang.
- Menyimak
pemahaman dan pendeskripsian tentang bilangan berpangkat, bilangan pokok
(basis), dan pangkat (eksponen).
- Menyimpulkan atau mendefinisikan sifat- sifat
bilangan berpangkat dengan pangkat bulat positif, negatif, dan nol.
- Menentukan
hasil operasi aljabar pada bentuk pangkat dengan mengaplikasikan rumus -
rumus bentuk pangkat.
-
Menyederhanakan bentuk bilangan berpangkat.
- Menyatakan bilangan yang berpangkat bulat negatif ke
dalam bentuk bilangan yang berpangkat bulat positif, dan sebaliknya.
|
-
Menyederhanak-an bentuk suatu bilangan berpangkat.
- Mengubah bentuk pangkat negatif dari suatu
bilangan ke bentuk pangkat positif, dan sebaliknya.
|
Tugas individu.
|
Uraian singkat.
|
1.
Sederhanakanlah.
a.
![]()
b.
![]()
2. Nyatakan
bilangan berikut dalam pangkat positif dan sederhanakan.
a.
![]()
b.
![]() |
2 × 45 menit
|
Sumber:
Buku paket (Buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid
1A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk) hal. 1-6, 7-9, dan 10-13.
Buku referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|
- Notasi Ilmiah.
|
|
|
- Mengenal dan
memahami pengertian notasi ilmiah.
- Menyatakan
suatu bilangan yang sangat besar atau
sangat kecil ke dalam notasi ilmiah.
- Menyatakan
notasi ilmiah ke dalam suatu bilangan.
- Menghitung dan
menyatakan hasil operasi bilangan (perkalian dan pembagian) ke dalam notasi
ilmiah.
|
- Mengubah suatu
bilangan ke
bentuk notasi ilmiah, dan sebaliknya.
|
|
|
3.
Nyatakan bilangan berikut dalam
notasi ilmiah.
a. 0,0000002578
b. 820.000.000.000.000
|
|
|
|
- Bilangan
rasional.
- Bilangan
irrasional (bilangan bentuk akar).
|
|
|
- Menjelaskan
definisi dan contoh bilangan rasional.
- Memeriksa
apakah suatu bilangan termasuk bilangan rasional atau bukan.
- Menuliskan
bilangan - bilangan rasional di antara dua buah bilangan.
- Menjelaskan
definisi dan contoh bilangan irrasional (bilangan bentuk akar).
Menunjukkan
bahwa suatu bilangan merupakan bilangan irrasional (bilangan bentuk akar).
-
Menyederhanakan bilangan bentuk akar
|
-
Mengidentifikasi apakah suatu bilangan termasuk bilangan rasional atau
bilangan irrasional (bilangan bentuk akar).
|
Tugas individu.
|
Uraian singkat.
|
- Di antara
bilangan-bilangan berikut, manakah yang merupakan bilangan bentuk akar?
a.
![]() ![]()
b.
![]() ![]()
c.
![]() ![]() |
2 × 45 menit
|
Sumber:
Buku paket hal. 14, 15-16, 17.
Buku referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|
- Operasi aljabar pada bentuk akar.
|
|
|
-
Menentukan hasil operasi aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian,
pembagian) pada bentuk akar dengan mengaplikasikan rumus - rumus bentuk akar.
-
Menyederhanakan bentuk akar
![]() ![]() |
- Melakukan
operasi aljabar pada bentuk akar.
|
Tugas
kelompok.
|
Uraian singkat.
|
- Nyatakan penjumlahan dan pengurangan berikut dalam
bentuk akar yang sederhana.
a.
![]()
b.
![]() |
2 × 45 menit
|
Sumber:
Buku paket hal. 18-22.
Buku referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|
-
Merasionalkan
penyebut pecahan bentuk akar.
|
|
|
- Menentukan sekawan suatu bilangan.
- Merasionalkan
penyebut pecahan bentuk akar dengan
mengalikan pembilang dan penyebut pecahan dengan sekawan dari penyebut.
|
- Merasionalkan
penyebut pecahan yang berbentuk akar.
|
Tugas individu.
|
Uraian singkat.
|
- Rasionalkan penyebut
tiap
pecahan berikut.
a.
![]()
d.
![]()
b.
![]()
e.
![]()
c.
![]() |
2 × 45 menit
|
Sumber:
Buku paket
hal. 23-28.
Buku referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|
- Pangkat rasional:
- Bilangan berbentuk
![]() ![]() ![]() ![]()
himpunan bilangan asli.
- Mengubah pangkat pecahan
negatif menjadi pangkat pecahan positif.
- Persamaan pangkat
sederhana dengan bilangan pokok sama.
|
|
|
-
Menyimpulkan atau mendefinisikan bilangan dalam bentuk akar dan
bilangan bentuk pangkat pecahan.
-
Menggunakan sifat bilangan dengan pangkat rasional untuk menyelesaikan
persoalan.
-
Menyatakan suatu bilangan dengan pangkat rasional ke dalam bentuk
akar.
-
Mengubah pangkat pecahan negatif menjadi pangkat pecahan positif.
-
Menyelesaikan persamaan pangkat sederhana (persamaan eksponen) dengan
bilangan pokok yang sama.
|
- Mengubah
bentuk akar ke bentuk pangkat, dan sebaliknya.
- Mengubah
pangkat pecahan negatif menjadi pangkat pecahan positif.
- Menyelesaikan
persamaan pangkat sederhana (persamaan eksponen) dengan bilangan pokok yang
sama.
|
Kuis
|
Uraian singkat.
|
1.
Nyatakan bilangan - bilangan berikut dalam bentuk pangkat.
a.
![]()
d.
![]()
b.
![]()
e.
![]()
c.
![]()
2. Sederhanakanlah bentuk
![]()
3. Tentukan nilai x dari persamaan
![]() |
2 × 45 menit
|
Sumber:
Buku paket hal. 28-31, 32-33, 33-36.
Buku referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|
- Sifat-sifat
bilangan berpangkat dengan pangkat bulat positif, pangkat bulat negatif, dan
nol.
- Notasi
Ilmiah.
- Bilangan
rasional.
- Bilangan
irrasional (bilangan bentuk akar).
. Operasi
aljabar pada bentuk akar.
-
Merasionalkan
penyebut pecahan bentuk akar.
- Pangkat rasional.
|
|
|
- Melakukan ulangan berisi materi yang
berkaitan dengan bilangan berpangkat (pangkat bulat positif, negatif, dan
nol), notasi Ilmiah, bilangan rasional, irrasional, atau bilangan bentuk
akar, operasi aljabar pada bentuk akar, merasionalkan penyebut pecahan bentuk
akar, serta pangkat rasional.
|
-
Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi menge-nai
bilangan berpang-kat (pangkat bulat
positif, negatif, dan nol), notasi Ilmiah, bilangan rasional,
irrasional, atau bilangan bentuk akar, operasi aljabar pada bentuk akar,
merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar,
serta pangkat rasional.
|
Ulangan
harian.
|
Pilihan
ganda.
Uraian singkat.
|
1.
![]()
a.
![]()
d.
![]()
b.
![]()
e.
![]()
c.
![]()
2.
Sederhanakan bentuk akar berikut ini.
a.
![]()
d.
![]()
b.
![]()
e.
![]()
c.
![]() |
2 × 45 menit
|
|
|
-
Pengertian logaritma.
- Sifat-sifat
logaritma (operasi aljabar logaritma).
|
|
|
-
Menyimpulkan atau mendefinisikan logaritma dan sifat - sifat
logaritma.
-
Mengubah bentuk logaritma ke dalam bentuk pangkat, dan sebaliknya.
-
Menentukan hasil operasi aljabar pada bentuk logaritma dengan
mengaplikasikan rumus - rumus bentuk logaritma.
-
|
- Mengubah
bentuk pangkat ke bentuk logaritma, dan sebaliknya.
- Melakukan
operasi aljabar pada bentuk logaritma.
|
Tugas
kelompok.
|
Uraian singkat.
|
1.
Ubahlah ke dalam bentuk logaritma.
a.
![]()
b.
![]()
c.
![]()
2. Sederhanakanlah
![]() |
2 × 45 menit
|
Sumber:
Buku paket hal. 36-38, 38-43.
Buku referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|
- Penentuan
logaritma dan antilogaritma dengan tabel
atau kalkulator.
-
Logaritma untuk perhitungan.
|
|
|
-
Menentukan logaritma suatu bilangan dengan menggunakan tabel logaritma
atau kalkulator.
- Menentukan
antilogaritma suatu bilangan dengan menggunakan tabel antilogaritma atau
kalkulator.
-
Menggunakan logaritma untuk perhitungan.
|
- Menentukan logaritma dan antilogaritma
dari suatu bilangan dengan tabel yang bersesuaian (tabel logaritma atau tabel
antilogaritma) atau kalkulator, serta menggunakan logaritma untuk
perhitungan.
|
Tugas
individu.
|
Uraian singkat.
|
Tentukan nilai dari logaritma
berikut.
a. log 45,458
b. log 144,3
c. log 0,05
d. log 0,098
e. log 0,001
|
2 × 45 menit
|
Sumber:
Buku paket hal. 44-47, 48-50, 51-52.
Buku referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|
-
Pengertian logaritma.
- Sifat-sifat
logaritma (operasi aljabar logaritma).
- Penentuan
logaritma dan antilogaritma dengan tabel atau kalkulator
-
Logaritma untuk
perhitungan.
|
|
|
-
Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan pengertian logaritma, sifat- sifat logaritma, serta
cara menentukan logaritma dan antilogaritma dengan tabel atau kalkulator.
|
- Mengerjakan
soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai pengertian dan sifat -
sifat logaritma, serta cara menentukan logaritma dan antilogaritma dengan
tabel atau kalkulator.
|
Ulangan harian.
|
Pilihan
ganda.
Uraian singkat.
|
1.
Nilai
![]()
a. 5
d.
1,5
b. 2,5
e.
0,6
c.
2
2. Jika
![]() ![]()
a.
![]()
d.
![]()
b.
![]()
e.
![]()
c.
![]() |
2 × 45 menit
|
|
1.2.
Melakukan manipu-lasi aljabar dalam perhitu-ngan yang melibatkan pangkat,
akar, dan logaritma.
|
- Sifat-sifat
bilangan dengan pangkat bulat.
- Bentuk akar.
- Sifat-sifat
logaritma.
|
“ Rasa ingin tahu
“ Mandiri
“ Kreatif
“ Kerja keras
|
“ Berorientasi tugas dan
hasil
“ Percaya diri
“ Keorisinilan
|
-
Menyederhanakan bentuk aljabar
yang memuat pangkat bulat.
-
Menyederhanakan bilangan bentuk akar.
-
Menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat logaritma.
-
Menggunakan konsep bentuk pangkat, akar, dan logaritma untuk
menyelesaikan soal.
|
- Menyederhanak-an
bentuk aljabar yang memuat bentuk pangkat, akar, dan logaritma.
|
Tugas
individu.
|
Uraian singkat.
|
Bentuk sederhana dari
![]() |
2 × 45 menit
|
Sumber:
Buku paket hal. 5-9, 17-28, dan 38-43.
Buku referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|
-
Sifat-sifat bilangan berpangkat
bulat positif.
- Sifat-sifat logaritma.
|
|
|
-
Melakukan pembuktian tentang sifat-sifat sederhana pada bentuk
pangkat, akar, dan logaritma.
|
- Membuktikan
sifat- sifat sederhana tentang bentuk pangkat, akar, dan logaritma.
|
Tugas kelompok.
|
Uraian obyektif.
|
Buktikan bahwa
![]() ![]() ![]() ![]() |
2 × 45 menit
|
Sumber:
Buku paket hal. 4-6, dan 38-43.
Buku referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|
- Sifat
bilangan dengan pangkat rasional.
-
Merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar.
- Sifat-sifat
dari logaritma serta bilangan berpangkat bulat positif.
|
|
|
- Melakukan ulangan
berisi materi yang berkaitan dengan sifat dari bilangan berpangkat rasional
dan berpangkat bulat positif, merasional kan penyebut pecahan bentuk akar,
dan sifat-sifat dari logaritma.
|
- Mengerjakan
soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai sifat dari bilangan
berpangkat rasional dan berpangkat bulat positif, merasionalkan penyebut pecahan
bentuk akar, dan sifat- sifat dari logaritma.
|
Ulangan harian
|
Pilihan
ganda.
Uraian obyektif.
|
1. Jika
![]() ![]() ![]() ![]()
a. 16
d.
![]()
b. 8
e.
![]()
c. 2
2. Dengan cara merasionalkan
bagian
penyebut
![]() |
2 × 45 menit
|
|
2012
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala
SMA
Nip.
Nip.
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas / Program : X / UMUM
Semester : GANJIL
Sandar Kompetensi : 2. Memecahkan masalah yang
berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat.
Kompetensi Dasar
|
Materi Ajar
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber / Bahan /
Alat
|
|||||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||||||
2.1. Memahami konsep fungsi.
|
- Fungsi,
Persamaan Kuadrat, dan Pertidaksamaan Kuadrat.
-
Pengertian fungsi.
- Fungsi aljabar
sederhana dan kuadrat.
|
“ Rasa ingin tahu
“ Mandiri
“ Kreatif
“ Kerja keras
|
“ Berorientasi tugas dan
hasil
“ Percaya diri
“ Keorisinilan
|
-
Mendeskripsikan pengertian fungsi.
-
Memahami konsep tentang relasi antara dua himpunan melalui
contoh-contoh.
-
Mengidentifikasi ciri-ciri relasi yang merupakan fungsi.
-
Menjelaskan peristiwa sehari-hari yang dapat dipandang sebagai fungsi.
-
Menentukan daerah asal (domain) dan daerah kawan (kodomain), serta
daerah hasil (range) dari fungsi.
-
Mengidentifikasi jenis-jenis dan sifat fungsi.
-
Mendeskripsikan karakteristik fungsi berdasarkan jenisnya, yaitu
karakteristik dari beberapa fungsi aljabar sederhana (fungsi konstan, fungsi
identitas, fungsi modulus (nilai mutlak), fungsi linear) dan fungsi kuadrat.
|
- Membedakan
relasi yang merupakan fungsi dan yang bukan fungsi.
-
Mengidentifikasi fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat.
|
Tugas individu.
|
Uraian singkat.
|
1. Perhatikan
diagram berikut.
(a)
(b)
Diagram manakah yang mendefinisikan fungsi? Jelaskan.
2. Berikan
sebuah contoh dari masing - masing jenis fungsi.
|
2 × 45 menit
|
Sumber:
Buku paket (Buku Matematika SMA
dan MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih,dkk)
hal. 63-65, 65-69.
Buku referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|||
2.2. Menggambar
grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat.
|
- Grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat.
|
“ Rasa ingin tahu
“ Mandiri
“ Kreatif
“ Kerja keras
|
“ Berorientasi tugas dan
hasil
“ Percaya diri
“ Keorisinilan
|
- Menentukan
nilai fungsi dari fungsi aljabar sederhana (fungsi konstan, fungsi identitas,
fungsi modulus, fungsi linear), dan fungsi kuadrat.
- Membuat tafsiran geometris dari hubungan
antara nilai variabel dan nilai fungsi pada fungsi aljabar sederhana dan
fungsi kuadrat yang bersesuaian.
- Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana
dan grafik fungsi kuadrat menggunakan hubungan antara nilai variabel dan
nilai fungsi pada fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat yang
bersesuaian.
- Menentukan sumbu simetri dan titik puncak
grafik fungsi kuadrat dari grafiknya.
- Merumuskan hubungan antara sumbu simetri
dan titik puncak grafik fungsi kuadrat dan koefisien - koefisien fungsi
kuadrat.
- Menentukan sumbu simetri dan titik puncak
grafik fungsi kuadrat dari rumus fungsinya.
- Menggambar grafik fungsi kuadrat
menggunakan hasil analisis rumus fungsinya.
- Mengidentifikasi definit positif dan
definit negatif suatu fungsi kuadrat dari grafiknya.
|
- Menggambar
grafik fungsi aljabar sederhana (fungsi konstan, fungsi identitas, fungsi
modulus, fungsi linear), dan fungsi kuadrat.
|
Tugas individu.
|
Uraian singkat.
|
- Gambarkan grafik
fungsi kuadrat dengan persamaan sebagai berikut.
a.
![]()
b.
![]()
c.
![]() |
2 × 45 menit
|
Sumber:
Buku paket hal. 65-69, 97-99.
Buku referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|||
2.3. Menggunakan sifat dan aturan tentang persamaan dan
pertidaksamaan kuadrat.
|
-
Persamaan kuadrat dan penyelesaian- nya.
|
“ Rasa ingin tahu
“ Mandiri
“ Kreatif
“ Kerja keras
|
“ Berorientasi tugas dan
hasil
“ Percaya diri
“ Keorisinilan
|
-
Mendeskripsikan bentuk umum dan contoh dari persamaan kuadrat.
- Mencari
akar-akar (penyelesaian) persamaan kuadrat dengan faktorisasi (pemfaktoran).
- Mencari
akar-akar persamaan kuadrat dengan melengkapkan bentuk kuadrat sempurna.
- Mencari
akar-akar persamaan kuadrat dengan menggunakan rumus abc.
|
- Menentukan
akar-akar persamaan kuadrat dengan
pemfaktoran, melengkapkan bentuk kuadrat sempurna, dan rumus abc.
|
Tugas
kelompok.
|
Uraian
singkat.
|
- Dengan
menggunakan rumus abc, tentukan akar-akar persamaan kuadrat berikut:
a.
![]()
b.
![]() |
2 × 45 menit
|
Sumber:
Buku paket hal. 69-72, 72-75,
75-78.
Buku referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|||
|
-
Pertidaksa maan kuadrat dan penyelesaian nya.
|
|
|
-
Mendeskripsikan bentuk umum dan contoh pertidaksamaan kuadrat.
- Menentukan
penyele-saian pertidaksamaan kuadrat.
- Menemukan arti
geometris dari penyelesaian pertidaksamaan kuadrat menggunakan grafik fungsi
kuadrat.
-
Mendeskripsikan tafsiran geometris dari penyelesaian persamaan dan
pertidaksamaan kuadrat.
- Menyelesaikan
pertidaksamaan kuadrat dengan menggunakan metode titik uji.
|
- Menentukan
himpunan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat.
|
Kuis.
|
Uraian obyektif.
|
- Tentukan
penyelesaian pertidaksamaan berikut.
a.
![]()
b.
![]()
c.
![]() |
2 × 45 menit
|
Sumber
Buku paket
hal. 79-83.
Buku referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|||
|
-
Pengertian fungsi.
- Fungsi
aljabar sederhana dan kuadrat.
- Grafik fungsi alja-bar sederhana dan fungsi
kuadrat.
-
Persamaan kuadrat dan penyelesaian- nya.
- Pertidaksamaan kuadrat dan penyelesaiannya.
|
|
|
-
Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan pengertian
fungsi, fungsi aljabar sederhana dan kuadrat, grafik fungsi aljabar sederhana
dan fungsi kuadrat, serta penyelesaian dari persamaan dan pertidaksamaan
kuadrat.
|
- Mengerjakan
soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai pengertian fungsi, fungsi
aljabar sederhana dan kuadrat, grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi
kuadrat, serta penyelesaian dari persamaan dan pertidaksamaan kuadrat.
|
Ulangan harian.
|
Pilihan ganda.
Uraian obyektif.
|
1. Salah satu
akar persamaan
![]()
a.
-4
d.
4
b. -2
e. 6
c. 2
2.
Tentukan himpunan penyelesaian persamaan kuadrat berikut.
a.
![]()
b.
![]() |
2 × 45 menit
|
|
|||
|
-
Diskriminan persamaan kuadrat.
|
|
|
- Mengidentifikasi hubungan antara jenis akar
persamaan kuadrat dan nilai diskriminan.
- Merumuskan
hubungan antara jenis akar persamaan kuadrat dan nilai diskriminan.
- Menyelidiki jenis akar persamaan kuadrat dengan
menghitung diskriminan persamaan kuadrat.
|
- Menggunakan
diskriminan dalam pemecahan masalah persamaan kuadrat.
|
Tugas individu.
|
Uraian obyektif.
|
- Persamaan
![]() |
2 × 45 menit
|
Sumber:
Buku paket hal. 83-85.
Buku referensi
lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|||
|
- Rumus
jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat.
|
|
|
- Menghitung
jumlah dan hasil kali akar persamaan kuadrat dari hasil penyelesaian
persamaan kuadrat.
- Menentukan
hubungan antara jumlah dan hasil kali akar dengan koefisien persamaan
kuadrat.
- Merumuskan
hubungan antara jumlah dan hasi kali akar dengan koefisien persamaan kuadrat.
- Membuktikan
rumus jumlah dan hasil kali akar persamaan kuadrat.
- Menggunakan
rumus jumlah dan hasil kali akar persamaan kuadrat dalam perhitungan.
|
-
Menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat.
|
Kuis.
|
Uraian obyektif.
|
- Jika p dan q adalah akar - akar persamaan kuadrat
![]()
a.
![]()
b.
![]()
c.
![]()
d.
![]() |
1 × 45 menit
|
Sumber:
Buku paket hal. 86-89.
Buku referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|||
|
- Hubungan antara koefisien persamaan kuadrat dengan
sifat akar.
|
|
|
- Mengidentifikasi
hubungan antara koefisien persamaan kuadrat dengan sifat akar.
- Menentukan
sifat akar dari persamaan kuadrat berdasarkan koefisien persamaan kuadrat
yang diketahui.
|
-
Menentukan sifat akar dari persamaan kuadrat berdasarkan koefisien
persamaan kuadrat.
|
Tugas
individu.
|
Uraian singkat.
|
- Tentukan sifat
akar dari persamaan kuadrat berikut.
a.
![]()
b.
![]() |
1 × 45 menit
|
Sumber:
Buku paket hal. 89-91.
Buku referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|||
2.4. Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan
yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksama-an kuadrat.
|
- Penyusunan
persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui.
- Penyelesaian persamaan lain yang berkaitan
dengan persamaan kuadrat.
|
“ Rasa ingin tahu
“ Mandiri
“ Kreatif
“ Kerja keras
|
“ Berorientasi tugas dan
hasil
“ Percaya diri
“ Keorisinilan
|
- Menyusun
persamaan kuadrat yang diketahui akar-akarnya, yaitu dengan menggunakan
perkalian faktor atau menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar-akar.
- Menyusun
persamaan kuadrat yang akar- akarnya mempunyai hubungan dengan akar - akar
persamaan kuadrat lainnya.
- Mengenali
persamaan- persamaan yang dapat diubah ke dalam persamaan kuadrat.
- Menyelesaikan
persamaan yang dapat dibawa ke bentuk persamaan atau pertidaksamaan kuadrat.
|
- Menyusun
persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui serta menentukan penyelesaian
persamaan yang dapat dibawa ke bentuk persamaan atau pertidaksamaan kuadrat.
|
Tugas kelompok.
|
Uraian obyektif.
|
- Akar-akar
persamaan
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
2 × 45 menit
|
Sumber:
Buku paket hal. 91-92, 92-93,
93-96.
Buku
referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|||
|
-
Diskriminan persamaan kuadrat.
- Rumus
jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat.
- Hubungan
antara
koefisien persamaan kuadrat dengan sifat akar.
- Penyusunan
persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui.
- Penyelesaian persamaan lain yang berkaitan dengan persamaan kuadrat.
|
|
|
- Melakukan
ulangan berisi materi yang berkaitan dengan diskriminan persamaan kuadrat,
rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat, hubungan antara
koefisien persamaan kuadrat dengan sifat akar, penyusunan persamaan kuadrat
yang akar- akarnya diketahui,
penyelesaian
persamaan lain yang berkaitan dengan persamaan kuadrat.
|
- Mengerjakan
soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai diskriminan, rumus jumlah
dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat, hubungan antara koefisien
persamaan kuadrat dengan sifat akar, penyusunan persamaan kuadrat yang
akar-akarnya diketahui, penyelesaian persamaan lain yang berkaitan dengan persamaan kuadrat.
|
Ulangan harian.
|
Pilihan ganda.
Uraian obyektif.
|
1. Persamaan kuadrat yang akar-akarnya -5 dan 6
adalah.......
a.
![]()
b.
![]()
c.
![]()
d.
![]()
e.
![]()
2. Fungsi
kuadrat dengan persamaan
![]()
akan
merupakan definit positif, jika nilai
p adalah.......
|
2 × 45 menit
|
|
|||
|
-
Penentuan persamaan kurva dari sebuah fungsi kuadrat dengan ciri -ciri
tertentu.
|
|
|
- Menentukan
persamaan kurva jika diketahui titik baliknya.
- Menentukan
persamaan kurva jika diketahui titik potongnya dengan sumbu X.
- Menentukan
persamaan kurva dari sebuah fungsi jika diketahui 3 titik yang dilalui
parabola.
|
- Menentukan
persamaan kurva dari suatu fungsi kuadrat.
|
Tugas kelompok.
|
Uraian singkat.
|
Persamaan grafik pada gambar
adalah .........
|
2 × 45 menit
|
Sumber:
Buku paket hal. 103-107.
Buku referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|||
2.5. Merancang model matematika dari masalah yang
berkaitan dengan persamaan dan / atau fungsi kuadrat.
2.6.Menyelesaikan model matematika dari masalah yang
berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat dan penafsirannya.
|
- Penggunaan
persamaan dan fungsi kuadrat dalam penyelesaian masalah.
|
“ Rasa ingin tahu
“ Mandiri
“ Kreatif
“ Kerja keras
“ Rasa ingin tahu
“ Mandiri
“ Kreatif
“ Kerja keras
|
“ Berorientasi tugas dan
hasil
“ Percaya diri
“ Keorisinilan
“ Berorientasi tugas dan
hasil
“ Percaya diri
“ Keorisinilan
|
-
Mengidentifikasi masalah sehari-hari yang mempunyai keterkaitan dengan
persamaan dan fungsi kuadrat.
- Menentukan
besaran masalah yang dirancang sebagai variabel persamaan atau fungsi
kuadrat.
- Merumuskan
persamaan atau fungsi kuadrat yang merupakan model matematika dari suatu masalah dalam matematika, mata
pelajaran lain, atau kehidupan sehari-hari.
- Menyelesaikan
model matematika dari suatu masalah dalam matematika, mata pelajaran lain,
atau kehidupan sehari - hari yang berkaitan dengan persamaan atau fungsi
kuadrat.
- Menafsirkkan
penyelesaian masalah dalam matematika, mata pelajaran lain, atau kehidupan sehari
- hari yang berkaitan dengan persamaan atau fungsi kuadrat.
|
-
Mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi
kuadrat, menentukan besaran masalah tersebut sebagai variabel, membuat model
matematikanya, menyelesaikan modelnya, dan menafsirkan hasil penyelesaian
masalah tersebut.
|
Tugas kelompok.
|
Uraian singkat.
Uraian
obyektif.
|
- Persamaan
parabola yang grafiknya melalui titik (0, 2),
(2, 4), dan (3, 8) adalah........
- Tentukan
penyelesaian dari persamaan parabola yang grafiknya melalui titik (0, 2), (2, 4), dan (3, 8).
|
2 × 45 menit
|
Sumber:
Buku paket hal. 108-110.
Buku referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|||
|
- Penentuan
persamaan kurva dari sebuah fungsi kuadrat dengan ciri -ciri tertentu.
- Penggunaan
persamaan dan fungsi kuadrat dalam penyelesaian masalah.
|
|
|
- Melakukan
ulangan berisi materi yang berkaitan dengan penentuan persamaan kurva dari
sebuah fungsi kuadrat dengan ciri-ciri tertentu dan penggunaan persamaan dan
fungsi kuadrat dalam penyelesaian masalah.
|
- Mengerjakan
soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai penentuan persamaan kurva
dari sebuah fungsi kuadrat dengan ciri-ciri tertentu dan penggunaan persamaan
dan fungsi kuadrat dalam penyelesaian masalah.
|
Ulangan
harian.
|
Pilihan ganda.
Uraian obyektif
|
1. Suatu
kawat yang panjangnya 38 cm dibengkokkan membentuk persegi panjang yang
luasnya 84 cm2. Panjang persegi panjang yang terbentuk adalah........
a. 22 cm d. 7 cm
b. 21 cm e. 5 cm
c. 12 cm
2.
Tentukan sumbu simetri, titik puncak, sifat definit positif atau
negatif dari fungsi kuadrat berikut ini.
a.
![]()
b.
![]()
c.
![]() |
2 × 45 menit
|
|
2012
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala
SMA
Nip.
Nip.
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas / Program : X / UMUM
Semester : GANJIL
Sandar Kompetensi: 3. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan
pertidaksamaan satu variabel.
Kompetensi Dasar
|
Materi Ajar
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber / Bahan / Alat
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||||
3.1.
Menyelesaikan sistem persamaan
linear dan sistem persamaan campuran linear dan kuadrat dalam dua
variabel
|
- Sistem
Persamaan Linear dan
Kuadrat.
- Sistem persamaan linear dua variabel.
|
“ Rasa ingin tahu
“ Mandiri
“ Kreatif
“ Kerja keras
|
“ Berorientasi tugas dan
hasil
“ Percaya diri
“ Keorisinilan
|
-
Mengidentifikasi langkah - langkah penyelesaian sistem persamaan
linear dua variabel.
- Menggunakan
sistem persamaan linear dua variabel untuk menyelesaikan soal.
- Menentukan
penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel.
- Menentukan tafsiran geometri dari
penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel.
|
-
Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel.
-
Memberikan tafsiran geometri dari penyelesaian sistem persamaan linear
dua variabel.
|
Tugas individu.
|
Uraian singkat.
|
1. Tentukan
himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear berikut:
![]() |
4 × 45 menit
|
Sumber:
Buku paket (Buku Matematika SMA
dan MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih,
dkk) hal. 126-130, 130-132, 133,
134-138.
Buku referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|
- Sistem persamaan linear tiga variabel.
|
|
|
-
Mengidentifikasi langkah- langkah penyelesaian sistem persamaan linear
tiga variabel.
- Menggunakan
sistem persamaan linear tiga variabel untuk menyelesaikan soal.
- Menentukan penyelesaian sistem persamaan
linear tiga variabel.
|
-
Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear tiga variabel.
|
Tugas
kelompok.
|
Uraian singkat.
|
- Tentukan himpunan penyelesaian dari sistem
persaman linear berikut:
![]() |
2 × 45 menit
|
Sumber:
Buku paket hal. 138-144.
Buku referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|
- Sistem persamaan linear dua variabel.
- Sistem persamaan linear tiga variabel.
|
|
|
-
Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan penyelesaian
dari sistem persamaan linear dua variabel dan sistem persamaan linear tiga
variabel.
|
-
Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai
penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabel dan sistem persamaan
linear tiga variabel.
|
Ulangan harian.
|
Pilihan ganda.
Uraian obyektif.
|
1. Himpunan penyelesaian
sistem persamaan
![]() ![]() ![]()
2.
Himpunan penyelesaian sistem persamaan
![]()
adalah
![]()
Nilai dari
![]() |
2 × 45 menit
|
|
|
- Sistem persamaan linear dan kuadrat dua
variabel.
|
|
|
- Mengidentifikasi
langkah - langkah penyelesaian sistem persamaan linear dan kuadrat dua
variabel.
- Menentukan
penyelesaian sistem persamaan linear dan kuadrat dua variabel dengan
menggunakan grafik.
- Memeriksa
hasil penyelesaian sistem persamaan linear dan kuadrat dua variabel
berdasarkan grafik, dengan menggunakan metode eliminasi -substitusi.
|
- Menentukan
penyelesaian sistem persamaan linear dan kuadrat dua variabel.
|
Tugas individu.
|
Uraian obyektif.
|
- Nilai
![]() ![]() |
2 × 45 menit
|
Sumber:
Buku paket hal. 144-148.
Buku referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|
- Sistem
persamaan kuadrat (pengayaan).
|
|
|
-
Mengidentifikasi langkah- langkah penyelesaian sistem persamaan
kuadrat dua variabel.
- Menentukan
penyelesaian sistem persamaan kuadrat dua variabel.
|
-
Menentukan penyelesaian sistem persamaan kuadrat dua variabel.
|
Kuis.
|
Uraian obyektif.
|
- Himpunan penyelesaian sistem persamaan:
![]() ![]() ![]() |
2 × 45 menit
|
Sumber:
Buku paket hal. 148-152.
Buku referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|
- Sistem persamaan linear dan bentuk
aljabar berderajat dua dengan dua variabel (pengayaan).
|
|
|
- Menentukan
penyelesaian sistem persamaan linear dan bentuk aljabar berderajat dua dengan
dua variabel.
|
- Menyelesaikan sistem persamaan linear dan
bentuk aljabar berderajat dua dengan dua variabel.
|
Tugas
individu.
|
Uraian singkat.
|
- Tentukan himpunan penyelesaian dari
sistem persamaan:
![]() |
2 × 45 menit
|
Sumber:
Buku paket hal. 153-156.
Buku referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
3.2.Merancang model matematika dari masalah yang
berkaitan dengan sistem persamaan linear.
3.3.Menyelesaikan model matematika dari masalah yang
berkaitan dengan sistem persamaan linear dan penafsirannya.
|
- Penerapan
sistem persamaan linear dua dan tiga variabel.
|
“ Rasa ingin tahu
“ Mandiri
“ Kreatif
“ Kerja keras
“ Rasa ingin tahu
“ Mandiri
“ Kreatif
“ Kerja keras
|
“ Berorientasi tugas dan
hasil
“ Percaya diri
“ Keorisinilan
“ Berorientasi tugas dan
hasil
“ Percaya diri
“ Keorisinilan
|
-
Mengidentifikasi masalah sehari-hari yang berhubungan dengan sistem
persamaan linear.
-
Menentukan besaran dari suatu masalah dalam matematika, mata pelajaran
lain atau kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan sistem persamaan
linear, yang dirancang sebagai variabel sistem persamaan linearnya.
- Merumuskan
model matematika dari suatu masalah dalam matematika, mata pelajaran lain
atau kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan sistem persamaan linear.
- Menyelesaikan
model matematika dari suatu masalah dalam matematika, mata pelajaran lain
atau kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan sistem persamaan linear.
- Menafsirkan penyelesaian masalah dalam
matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berhubungan
dengan sistem persamaan linear.
|
-
Mengidentifika-si masalah yang berhu-bungan dengan sistem persamaan
linear, menentukan besaran dari masalah tersebut sebagai variabel, membuat
model matematikanya, menyelesaikan modelnya, dan menafsirkan hasil
penyelesaian masalah tersebut.
|
Tugas kelompok.
|
Uraian obyektif.
|
- Dua orang anak berbelanja di sebuah toko.
Anak pertama membayar Rp7.450,00 untuk membeli 3 pensil dan 2 buku tulis,
sedangkan anak kedua harus membayar Rp11.550,00 untuk membeli 5 pensil dan 3
buku tulis. Maka harga pensil per buah adalah.....
|
2 × 45 menit
|
Sumber:
Buku paket hal. 125, 134-138
Buku referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|
- Sistem
persamaan linear dan kuadrat dua variabel.
- Sistem
persamaan kuadrat.
- Sistem
persamaan linear dan bentuk aljabar berderajat dua dengan dua variabel. Penerapan sistem persamaan linear dua dan tiga
variabel.
|
|
|
- Melakukan ulangan berisi materi yang
berkaitan dengan sistem persamaan linear dan kuadrat dua variabel, sistem
persamaan kuadrat, sistem persamaan linear dan bentuk aljabar berderajat dua
dengan dua variabel, serta penerapan sistem persamaan linear dua dan tiga
variabel.
|
- Mengerjakan soal dengan baik berkaitan
dengan materi menge-nai sistem persamaan linear dan kuadrat dua variabel,
sistem persamaan kuadrat, sistem persamaan linear dan bentuk aljabar
berderajat dua dengan dua variabel, serta penerapan sistem persamaan linear
dua dan tiga variabel.
|
Ulangan harian.
|
Pilihan ganda.
|
- Himpunan penyelesaian sistem persamaan:
![]() ![]() ![]()
a. -8 d. 0
b.
-6 e. 2
c.
-2
|
2 × 45 menit
|
|
3.4. Menyelesaikan pertidaksamaan satu variabel yang
melibatkan bentuk pecahan aljabar.
|
Pertidaksamaan.
-
Pertidaksamaan linear.
-
Pertidaksa maan satu variabel berbentuk pecahan aljabar (pecahan
bentuk linear dan kuadrat)
|
“ Rasa ingin tahu
“ Mandiri
“ Kreatif
“ Kerja keras
|
“ Berorientasi tugas dan
hasil
“ Percaya diri
“ Keorisinilan
|
-
Mengidentifikasi langkah-langkah penyelesaian pertidaksamaan yang
memuat bentuk linear satu variabel.
- Menggunakan
pertidaksamaan yang memuat bentuk linear satu variable untuk menyelesaikan
soal.
- Menentukan
penyelesaian pertidaksamaan yang memuat bentuk linear satu variabel.
-
Mengidentifikasi langkah - langkah penyelesaian pertidaksamaan satu
variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar (pecahan bentuk linear dan
kuadrat).
- Menggunakan
pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar (pecahan
bentuk linear dan kuadrat) untuk
menyelesaikan soal.
- Menentukan
penyelesaian pertidaksamaan yang memuat bentuk linear satu variabel yang
melibatkan bentuk pecahan aljabar (bentuk linear dan kuadrat).
|
- Menjelaskan
sifat dan aturan yang digunakan dalam proses penyelesaian pertidaksamaan.
- Menentukan
penyelesaian pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan
aljabar (pecahan bentuk linear dan kuadrat).
|
Tugas individu.
|
Uraian singkat.
|
1. Nilai
![]()
pertidaksamaan
![]()
2. Nilai
![]()
pertidaksamaan
![]() |
4 × 45 menit
|
Sumber:
Buku paket hal. 164-168,
168-171, 172-174
Buku referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|
- Pertidaksa maan bentuk akar.
- Pertidaksa-maan bentuk nilai mutlak.
|
|
|
- Menentukan
penyelesaian pertidaksamaan yang memuat bentuk akar.
- Menentukan
penyelesaian pertidaksamaan yang memuat nilai mutlak.
|
- Menentukan
penyelesaian pertidaksamaan bentuk akar dan bentuk nilai mutlak.
|
Tugas kelompok.
|
Uraian singkat.
|
1. Nilai
![]()
pertidaksamaan
![]()
2.
Tentukan himpunan penyelesaian dari
pertidaksamaan
![]() |
2 × 45 menit
|
Sumber:
Buku paket hal. 175-177, 179-182
Buku referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
3.5.Merancang model matematika dari masalah yang
berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel.
3.6. Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan
dengan pertidaksamaan satu variabel dan penafsirannya.
|
-
Penerapan kon-sep pertidak-samaan satu variabel dalam menyelesaikan
masalah nyata.
|
“ Rasa ingin tahu
“ Mandiri
“ Kreatif
“ Kerja keras
“ Rasa ingin tahu
“ Mandiri
“ Kreatif
“ Kerja keras
|
“ Berorientasi tugas dan
hasil
“ Percaya diri
“ Keorisinilan
“ Berorientasi tugas dan
hasil
“ Percaya diri
“ Keorisinilan
|
-
Mengidentifikasi masalah yang berhubungan dengan pertidaksamaan satu
variabel.
- Merumuskan
model matematika dari suatu masalah dalam matematika, mata pelajaran lain
atau kehidupan sehari-hari yang berhubungan
dengan pertidak-samaan satu variabel.
- Menyelesaikan
model matematika dari suatu masalah dalam matematika, mata pelajaran lain
atau kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan pertidaksamaan satu
variabel.
- Menafsirkan
penyelesaian masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan
sehari-hari yang berhubungan dengan pertidaksamaan satu variabel.
|
-
Mengidentifikasi masalah yang berhubungan dengan
pertidaksamaan satu variabel serta membuat model matematikanya
-
Menyelesaikan model matematika dan menafsirkan hasil
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan pertidak samaan satu variabel
|
Tugas kelompok.
|
Uraian singkat.
|
- Jumlah dari dua biangan ganjil berurutan
lebih dari 21. Tentukanlah nilai dari bilangan yang terbesar dari kedua bilangan
tersebut.
|
2 × 45 menit
|
Sumber:
Buku paket hal. 183-185.
Buku referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|
-
Pertidaksa maan linear.
-
Pertidaksa maan satu variabel berbentuk pecahan aljabar (pecahan
bentuk linear dan kuadrat)
-
Pertidaksamaan bentuk akar.
-
Pertidaksamaan bentuk nilai mutlak.
- Penerapan
konsep pertidaksamaan satu variabel dalam menyelesaikan masalah nyata.
|
|
|
-
Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan pertidak-samaan
linear, pertidaksamaan pecahan (pecahan bentuk linear dan kuadrat),
pertidaksamaan bentuk akar, pertidaksamaan bentuk nilai mutlak, dan penerapan
konsep pertidaksama-an satu variabel dalam menyelesaikan masalah nyata.
|
-
Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai
pertidaksa-maan linear, pertidak-samaan pecahan (pecahan bentuk linear dan
kuadrat), pertidak-samaan bentuk akar, pertidaksamaan bentuk nilai mutlak, dan
pene-rapan konsep pertidak-samaan satu variabel dalam menyelesaikan masalah nyata.
|
Ulangan harian.
|
Pilihan ganda.
Uraian singkat.
|
1. Nilai
![]() ![]()
a.
![]()
b.
![]()
c.
![]() ![]()
d.
![]() ![]()
e.
![]() ![]()
2.
Tentukan himpunan penyelesaian dari
pertidaksamaan berikut:
a.
![]()
b.
![]()
c.
![]()
d.
![]()
e.
![]()
f.
![]() |
2 × 45 menit
|
|
2012
Mengetahui
Kepala SMA Guru Mata Pelajaran
Nip. Nip.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar